Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Debar Jantung Ferdy Sambo Disebut Terlihat saat Sidang, Pengamat: Mungkin Beberapa Kali Menangis

Dalam sidang kode etik, Irjen Ferdy Sambo disebut tertekan dan stres, menurut pengamatan Handoko Gani selaku Ahli Forensik Emosi.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Daryono
zoom-in Debar Jantung Ferdy Sambo Disebut Terlihat saat Sidang, Pengamat: Mungkin Beberapa Kali Menangis
Tribunnews.com Abdi Ryanda Shakti/KOMPAS.com Adhyasta Dirgantara
Irjen Ferdy Sambo jalani sidang kode etik dan profesi terkait kasus pembunuhan Brigadir J, Kamis (25/8/2022). Sidang digelar di Gedung TNCC, Mabes Polri, dengan 15 saksi akan diperiksa. 

TRIBUNNEWS.COM - Handoko Gani selaku Ahli Forensik Emosi mengatakan Irjen Ferdy Sambo dalam kondisi stres dan tertekan saat menjalani sidang kode etik terkait kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kamis (26/8/2022). 

Dalam sidang kode etik tersebut Irjen Ferdy Sambo terancam sejumlah sanksi hingga paling tinggi ialah pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat dari Polri.

Handoko Gani menilai kondisi Ferdy Sambo tampak dari gesture tubuh dan perilaku eks Kadiv Propam Polri tersebut.

Termasuk bagaimana cara duduk Ferdy Sambo di kursi sidang, walaupun bersandar, namun tampak menurutnya Irjen Ferdy Sambo tegang.

"Ketika kita menganalisa gestur kita tidak bisa langsung mengatakan dengan duduk bersandar ke belakang adalah gestur santai, ini salah besar, bersandar ke belakang itu bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kondisi tubuh yang kelelahan," ungkpanya, dikutip Tribunnews dari YouTube Kompas TV, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit: Bharada E Tidak Mau Dipertemukan dengan Ferdy Sambo

Selain gestur, kondisi psikologis Irjen Ferdy Sambo juga terbaca oleh Handoko Gani.

Terlihat tangan Ferdy Sambo memegang ujung kursi yang didudukinya.

BERITA TERKAIT

"Di dalam salah satu seni dari gestur ketika seseorang itu memegang suatu benda, memutar-mutarkan benda atau meremas benda itu tanda seseorang yang sedang tidak nyaman, tegang, cemas," ungkapnya lagi.

"Dan kita juga menganalisis dari posisi kepala hingga ekspresi wajah, bisa mencerminkan bahwa beliau ini dalam kondisi stressfull atau tertekan, jadi nggak santai," katanya lagi.

Debar Jantung

Handoko juga mengamati, di mana debar jantung Irjen Ferdy Sambo terlihat saat sidang.

"Saya juga melihat debar jantung, kalau seseorang yang santai debar jantungnya itu tidak terlihat, debar jantung Ferdy Sambo ini kelihatan, itulah orang yang tegang, napasnya pendek," katanya.

Dalam video memang terlihat Ferdy SaSambo beberapa kali menarik napas pendek.

"Ketika seseorang sedang tegang itu dia tidak bisa menggunakan kalimat-kalimat yang panjang hanya menjawab pertanyaan dengan pendek-pendek," lanjut Handoko Gani.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas