Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro Dianugerahi Alexander Darlymple Award Lembaga Hidrografi Inggris

Mantan Kepala Pushidrosal Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro menerima penghargaan Alexander Dalrymple Award oleh United Kingdom Hyrdrographic Office

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro Dianugerahi Alexander Darlymple Award Lembaga Hidrografi Inggris
Tribunnews.com/Gita Irawan
Mantan Kepala Pushidrosal Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro (kiri) didampingi Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat usai menerima penghargaan Alexander Darlymple Award oleh United Kingdom Hyrdrographic Office (UKHO) oleh National Hydrographer (UKHO) Rear Admiral Rhett Hatcher di Mako Pushidrosal Ancol Jakarta Utara pada Jumat (26/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Kepala Pushidrosal Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro menerima penghargaan Alexander Dalrymple Award oleh United Kingdom Hyrdrographic Office (UKHO).

Penghargaan tersebut diberikan oleh National Hydrographer (UKHO) Rear Admiral Rhett Hatcher di Mako Pushidrosal Ancol Jakarta Utara pada Jumat (26/8/2022).

Usai menerima penghargaan tersebut, Harjo mengungkapkan motivasinya saat menjabat sebagai Kepala Pushidrosal pada 2016 sampai 2020 adalah hidrografi bukan hanya sekadar peta laut, tapi hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan maritim suatu negara. 

Berangkat dari situ, kata dia, Pushidrosal terus mengawal visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baginya, tanpa hidrografi visi tersebut tidak akan pernah bisa terwujud. 

Ia pun mengungkapkan saat ia menjabat pihaknya telah menyampaikan betapa pentingnya hidrografi kepada Menko Marves.

Baca juga: DITJEN Perhubungan Laut Gandeng PUSHIDROSAL Untuk Pelatihan Surveyor Hidrografi

"Alhamdulillah (negara) sekarang sudah memperhatikan. Salah satunya adalah dengan, bukan semata-mata menaikan masalah pangkat, tidak. Tapi dari bintang dua menjadi bintang tiga, itu bukan masalah pangkat, tetapi beban kerja artinya lebih diberikan keleluasaan," kata Harjo.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan Pushidrosal telah membuktikannya dengan membuat valuasi hidrografi. 

Hidrografi, kata dia, telah memberikan kontribusi ekonomi yang begitu besar untuk kegiatan-kegiatan di laut. 

Dalam dunia internasional, kata dia, Pushidrosal menjadikan UKHO sebagai tolak ukur mengingat UKHO merupakan lembaga hodrografi terbaik di dunia.

"Kemudian kita buatkan blue print, diharapkan kalau seandainya ini bisa berjalan, 2037 harusnya kita sudah bisa setara dengan UKHO," kata dia.

Ia mengatakan aktivitas ekonomi dunia 80 persen nya melalui laut dan 40% nya melewati Indonesia. 

Dengan demikian, kata dia, seharusnya Indonesia mampu mengambil peran yang signifikan berkaitan dengan masalah data hidrografi. 

"Satu-satunya lembaga di Indonesia yang membuat peta laut, yang menjamin keselamatan bahwa laut bisa dilayari adalah Pushidrosal, bukan yang lain," kata dia.

Sementara itu, Hatcher menyampaikan Alexander Dalrymple Awards tahun 2022 diberikan kepada Laksmana Madya TNI Harjo Susmoro atas pencapaiannya yang membanggakan. 

Setelah tertunda karena pandemi, ia mengaku sangat senang bisa memberikan langsung penghargaan tersebut dan memberikan pengakuan atas kiprah Harjo. 

"Apa yang telah dikerjakan Harjo Susmoro telah memperkuat persabatan dan kolaborasi antara Pushidrosal dengan UK Hydrographic Office. Dan kami berharap kerja sama kita dapat berlanjut sehingga bersama kita bisa menciptakan lautan yang terpelihara, aman, dan berkembang," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas