Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kompolnas Utus Pudji Hartanto dan Yusuf Warsyim Pantau Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J

Kompolnas mengutus Pudji Hartanto Iskandar dan Yusuf Warsyim untuk memantau proses rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kompolnas Utus Pudji Hartanto dan Yusuf Warsyim Pantau Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J
Kompas.com/ istimewa
Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar (kiri) dan Yusuf Warsyim (kanan). Kompolnas mengutus Pudji Hartanto Iskandar dan Yusuf Warsyim untuk memantau proses rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kompolnas mengutus Pudji Hartanto Iskandar dan Yusuf Warsyim untuk memantau proses rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022) besok.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan keputusan diutusnya Pudji Hartanto dan Yusuf Warsyim setelah pihaknya melakukan rapat koordinasi.




"Dari Kompolnas yang akan hadir dalam rekonstruksi adalah Komisioner Bapak Pudji Hartanto Iskandar dan Komisioner Bapak Yusuf Warsyim," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti saat dikonfirmasi, Senin (29/8/2022).

Di sisi lain, Poengky menuturkan bahwa pihaknya mendukung Polri untuk melaksanakan proses rekonstruksi secara tertutup.
Sebab, pelaksanaan secara terbuka dikhawatirkan dapat mengganggu proses rekonstruksi.

"Pastinya agar penyidik bisa fokus untuk menguji persesuaian keterangan para tersangka. Dugaan saya, juga mengingat sempitnya TKP. Kalau dinyatakan terbuka dan semua orang bisa masuk, dikhawatirkan mengganggu proses rekonstruksi," jelas Poengky.

Baca juga: 10 Jaksa Bakal Dikerahkan Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J, Dua Orang Pantau Satu Tersangka

Namun begitu, Poengky meminta masyarakat untum tidak khawatir.

BERITA TERKAIT

Sebab, Polri juga telah melibatkan pihak eksternal untuk mengawal proses rekonstruksi tersebut.

"Ada JPU dan pengacara yang melihat prosesnya, juga ada Kompolnas dan Komnas HAM yang mengawasi pelaksanaannya. Jangan khawatir, nanti di sidang pengadilan pasti akan terbuka untuk umum," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Tim khusus (timsus) Polri akan menggelar rekontruksi dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Brigadir J, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Rekonstruksi Tewasnya Brigadir J: Ferdy Sambo Cs Akan Kenakan Baju Tahanan, Kalau Putri Candrawathi?

Terkait itu Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berjanji jika rekontruksi akan dilakukan secara transparan.

"Semuanya transparan tidak ada yang kita tutupi. Kita proses sesuai dengan fakta dan itu janji kita," kata Listyo kepada wartawan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022).

Meski begitu, mantan Kabareskrim Polri ini enggan merinci terkait proses rekontruksi yang akan menghadirkan lima tersangka karena sudah masuk teknis penyidikan.

"Itu teknis ya itu biar diserahkan ke penyidik yang penting saya doakan kalau kita semua tetap seperti komitmen kita," jelasnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas