Tribun

Bantuan Langsung Tunai

BLT BBM Rp 600 Ribu Mulai Cair, Disalurkan Lewat PT Pos Indonesia, Simak Mekanisme Pencairannya

BLT BBM sudah mulai disalurkan, bantuan diberikan total Rp 600 ribu melalui kantor pos.

Penulis: Nuryanti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in BLT BBM Rp 600 Ribu Mulai Cair, Disalurkan Lewat PT Pos Indonesia, Simak Mekanisme Pencairannya
Sekretariat Presiden, Instagram/kemensosri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan BLT BBM di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022). BLT BBM sudah mulai disalurkan, bantuan diberikan total Rp 600 ribu melalui kantor pos. 

TRIBUNNEWS.COM - Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah mulai disalurkan kepada masyarakat.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menyampaikan BLT BBM disalurkan dengan alokasi anggaran Rp 12,4 triliun.

BLT BBM tersebut menyasar 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sri Mulyani mengatakan, BLT BBM diberikan sebesar Rp 600 ribu oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui PT Pos Indonesia.

“Jadi 20,65 juta kelompok atau keluarga penerima manfaat yang akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 12,4 triliun yang akan mulai dibayarkan oleh Ibu Mensos Rp 150 ribu selama empat kali," ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/8/2022), dikutip dari laman setkab.go.id.

"Jadi dalam hal ini Ibu Mensos akan membayarkannya dua kali, yaitu Rp 300 ribu pertama dan Rp 300 ribu kedua,” terangnya.

BLT BBM Mulai Disalurkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menyalurkan BLT BBM tahap 1 kepada penerima.

Simbolis penyerahan bantuan ini dilakukan perdana kepada 100 KPM Kabupaten Jayapura di Kantor Pos Indonesia Kabupaten Jayapura di Sentani.

Penyerahan BLT BBM ini dilakukan agar daya beli masyarakat lebih baik.

Jokowi menyampaikan, BLT BBM diberikan Rp 300 ribu kepada penerima sebanyak dua kali.

"Hari ini kita telah memulai pembagian BLT BBM, yang diberikan kepada masyarakat selamat empat bulan, perbulannya diberikan 150 ribu (rupiah) jadi totalnya 600 ribu dan diberikan dua kali, tiga ratus, tiga ratus," kata Jokowi di Kantor Pos Sentani, Rabu (31/8/2022), dilansir laman Kemensos.

Baca juga: VIDEO Menteri BUMN Erick Thohir Optimis Penyaluran BLT Pengalihan Subsidi BBM Bakal Tepat Sasaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk pertama kalinya di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Rabu, (31/8/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk pertama kalinya di Kantor Pos Cabang Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Rabu, (31/8/2022). (Sekretariat Presiden)

Mekanisme Pencairan BLT BBM

Sebelumnya, Risma menyampaikan, masing-masing penerima akan memperoleh bantuan dengan total Rp 600.000 yang disalurkan dalam dua gelombang melalui PT Pos Indonesia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas