Tribun

KSAL Perintahkan Jajaran Terbuka Sampaikan Informasi ke Media: Ada yang Menghindar, Laporkan ke Saya

Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk terbuka dalam menyampaikan informasi kepada awak media.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in KSAL Perintahkan Jajaran Terbuka Sampaikan Informasi ke Media: Ada yang Menghindar, Laporkan ke Saya
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat berada di atas KRI Dewa Ruci yang sedang berlayar di perairan Kepulauan Seribu, Jumat (2/9/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk terbuka dalam menyampaikan informasi kepada awak media.

Bahkan, kata dia, informasi itu harus transparan dan tidak perlu merasa takut dengan media.

Hal itu disampaikan Yudo dalam agenda pertemuan bersama para Pimpinan Redaksi media di atas KRI Dewa Ruci sekaligus melakukan pelayaran di perairan Kepulauan Seribu, Jumat (2/9/2022).

"Sudah saya sampaikan, sejak saya di KSAL sudah saya sampaikan kepada jajaran, semua tidak boleh takut lagi menghadapi media dan harus menyampaikan, harus menyampaikan, atau kalau ditanya silakan harus dijawab," kata dia.

Baca juga: Viral Oknum Anggota Polsek Kembangan Suruh Wartawan Bicara dengan Pohon, Berujung Diperiksa Propam 

Bahkan kata mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan) itu, dirinya sudah mengeluarkan telegram yang menyerukan perintahnya tersebut.

Hal itu dinyatakan Yudo sebagai perintah resmi dan kerap kali disampaikan dalam rapat internal TNI AL.

"Karena saya sudah sampaikan melalui telegram, melalui perintah resmi bahkan melalui rapat setiap rapat saya sampaikan harus semuanya berkoordinasi," tutur dia.

Oleh karenanya, setiap jajaran termasuk para perwira TNI untuk dapat menjawab seluruh pertanyaan dari awak media dengan catatan, kata Yudo, harus sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya.

"Dan saya yakin bawahan saya tidak ada lagi yang menghindar dari media. Kalau ada yg menghindar, ya laporkan saya," tegas Yudo.

Perintah itu dilayangkan Yudo karena dirinya pengin TNI AL memiliki manfaat kepada masyarakat di setiap daerah kekuasaannya.

Dirasa percuma menjadi Angkatan Laut jika di setiap wilayah tidak memiliki manfaat untuk masyarakat.

"Sehingga tadi saya sampaikan, semua media silakan datangi para Angkatan Laut, personel personel Angkatan Laut di lapangan," tukas Yudo.

 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas