Tribun

Cerita SBY kepada Adhyaksa Dault soal Lukisannya Beraliran Realisme Plus hingga Presidensi G20

SBY mengatakan melukis menjadi salah satu kegiatan sehari-hari guna mengasah hobinya di bidang seni budaya. 

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Cerita SBY kepada Adhyaksa Dault soal Lukisannya Beraliran Realisme Plus hingga Presidensi G20
Ist
Menteri Pemuda dan Olahraga RI periode 2004-2009 Adhyaksa Dault berkesempatan mewawancarai Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara eksklusif. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga RI periode 2004-2009 Adhyaksa Dault berkesempatan mewawancarai Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara eksklusif.

Selama wawancara keduanya membahas beragam hal mulai dari olahraga, seni budaya hingga situasi terkini terkait geopolitik global serta peran Indonesia dalam Presidensi G20.

Selain itu, artis papan atas dan berbakat Syifa Savira Nuraisyah atau lebih dikenal sebagai Syifa Hadju juga turut mendampingi Adhyaksa Dault sebagai co-host selama berjalannya wawancara episode perdana Adhyaksa Dault Channel ini.

SBY mengatakan melukis menjadi salah satu kegiatan sehari-hari guna mengasah hobinya di bidang seni budaya. 

Menurutnya, ada beberapa aliran atau paham dalam seni melukis dan SBY memilih gaya seni rupa realisme dengan tambahan unsur impresionisme.

"Iya jadi aliran atau paham melukis itu banyak sekali tetapi saya memilih realisme, yang realis alam semesta ciptaan Tuhan tetapi saya tambahkan dengan impresionisme," kata SBY dalam wawancara ekslusif di kanal YouTube Adhyaksa Dault Channel dikutip pada Sabtu (10/9/2022).

"Realis impresionis artinya apa, saya memotret dalam lukisan alam ciptaan Allah itu saya tambahkan agar lebih menarik diperkaya warnanya, ilustrasi yang lain sehingga realisme plus, nah di situ memang saya harus punya banyak referensi apa yang saya lukis," ungkap SBY.

Baca juga: SBY: Sejak Kemerdekaan Hingga Sekarang Bangsa Indonesia Tangguh dan Pantang Menyerah

SBY mengungkapkan, sebagian besar lukisan hasil karyanya berasal dari jepretan foto mendiang sang istri, Ani Yudhoyono. 

Sesekali ayah dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini juga mencari inspirasi lukisannya dari sumber-sumber terbuka dengan modifikasi yang dikembangkannya.

"Sebagian dari lukisan saya mengambil hasil fotografi Ibu Ani. Yang kedua saya foto sendiri. Setelah Ibu Ani tiada, itu juga saya lukis," kata SBY. 

Hobi melukis mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono selama PPKM jadi sorotan, karya terbarunya dapat pujian dari warganet.
Hobi melukis mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono selama PPKM jadi sorotan, karya terbarunya dapat pujian dari warganet. (twitter.com/@jansen_jsp)

"Lantas, saya sekali-sekali saya lihat open source, sumber terbuka dari internet, kalau bagus saya lukis tapi tentu saya modifikasi saya kembangkan tidak persis dengan foto itu. Yang lainnya ya imajinasi saya dan kalau saya melukis itu rasanya damai, I'm so happy," ujarnya.

SBY menceritakan, melukis dapat mendatangkan kebahagiaan tersendiri terutama dalam rangka healing process.

"Saya suka membayangkan dan juga meyakini bahwa Ibu Ani ada di sekitar saya karena dulu waktu Ibu Ani ngambil foto saya mendampingi. Kalau saya menciptakan lagu, saya menyanyi, ibu Ani juga mendampingi," ungkap SBY.

"Dengan demikian, melukis ini hampir setiap hari saya lakukan memang membawa kebahagiaan dan sangat penting bagi saya dalam rangka healing process," jelasnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas