Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Agama: Prof Azyumardi Azra Tipologi Ilmuwan Organik dan Akademisi yang Membumi

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan duka cita atas wafatnya intelektual Islam Indonesia, Prof Azyumardi Azra.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Menteri Agama: Prof Azyumardi Azra Tipologi Ilmuwan Organik dan Akademisi yang Membumi
KOMPAS/KRISTIANTO PURNOMO
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan duka cita atas wafatnya intelektual Islam Indonesia, Prof Azyumardi Azra.

"Indonesia berduka. Almarhum adalah intelektual Tanah Air berkaliber dunia. Karya, ide dan gagasannya sangat mencerahkan, terutama pada ilmu kesejarahan yang menjadi bidang kepakarannya," ujar Gus Yaqut, sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima, Minggu (19/9/2022).

Prof Azra, dikatakan Gus Yaqut, adalah tipologi ilmuwan organik dan akademisi yang membumi.

Almarhum Azyumardi dinilai sangat responsif dan kontributif terhadap dinamika perkembangan zaman.

"Sebelum mengenal beliau secara langsung, saya sudah lebih dulu mengenal Pak Azyumardi Azra dari karya akademik dan karya sosialnya. Beliau sangat produktif menulis, baik dalam bentuk buku, artikel jurnal dan tulisan-tulisan populernya di media massa. Tepat kalau beliau dijuluki sebagai cendekiawan yang konsisten dengan dunia akademik dan selalu berpikir dengan tangannya," sebut dia.

Prof Azra, kata Menag, bukan hanya asyik dengan buku, tetapi juga berkecimpung di masyarakat.

BERITA TERKAIT

Berbagai organisasi sosial dan profesi aktif diikuti, termasuk sebagai ketua dewan pers. Almarhum adalah intelektual muslim par exellence yang selalu menyuarakan moderasi beragama dalam karya-karyanya.

"Seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri berhutang dalam ide dan gagasan hingga PTKIN bisa berkembang pesat hingga sekarang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berkembang pesat adalah rangkaian dari legacy almarhum," ujar dia.

Tak lupa, Gus Yaqut juga menilai sosok Prof Azra sebagai salah sosok yang sangat sederhana, dan itu adalah yang paling mahal.

Baca juga: Keluarga Ungkap Ada Perubahan Sikap Azyumardi Azra sebelum Wafat: I’m Done untuk Duniawi

"Kesederhanaannya adalah teladan bagi semua akademisi dan intelektual di Indonesia. Indonesia berduka, semoga almarhum senantiasa mendapat limpahan rahmat Allah SWT. Amin," tandas Gus Yaqut.

Sebelumnya, Azyumardi Azra meninggal dunia, Minggu (18/9/2022). Kabar itu dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun telah berpulang ke ramhatullah orang tua kita, guru kita, ayahanda kita, pimpinan kita Azyumardi Azra," kata dia dalam pesan yang diterima, Minggu (18/9/2022).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas