Tribun

Suharso Monoarfa Diberhentikan PPP

VIDEO Pengamat Prediksi Pergantian Ketua Umum PPP Tak Akan Ganggu Soliditas KIB

Pergantian Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diperkirakan tidak akan mengganggu soliditas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Srihandriatmo Malau

Laporan wartawan TRIBUN-VIDEO.COM, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pergantian Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diperkirakan tidak akan mengganggu soliditas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

KIB adalah koalisi partai politik yang dibentuk Golkar, PPP dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal tersebut dinyatakan pengamat politik Karyono Wibowo di cafe, Jalan Tanjung Duren, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (17/9/2022).

Karyono Wibowo menjelaskan, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono merupakan bagian dari Ketua Umum PPP sebelumnya, Suharso Monoarfa.

Oleh sebab itu, strategi politik PPP untuk Pemilu 2024 di masa kepemimpinan Mardiono tidak akan berbeda jauh dari Suharso Monoarfa.

Namun, Karyono Wibowo menilai bisa saja PPP keluar dari KIB karena politik begitu dinamis, apalagi waktu pelaksanaan Pemilu 2024 masih relatif lama.

Respon Ketua Umum Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara terkait kisruh internal PPP yang menyebabkan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa lengser.

Untuk diketahui Golkar bersama PPP dan PAN membangun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

Menurut Airlangga kondisi yang terjadi di PPP merupakan urusan internal partai tersebut.

Golkar saat ini masih berhubungan baik dengan PPP.

“itu kan urusan dalam negerinya PPP, hubungan semua baik,” kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (13/9/2022).

Airlangga tidak menjawab jelas apakah kondisi di PPP tersebut berpengaruh terhadap koalisinya atau tidak.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas