Tribun

BEM SI Gelar Rakernas 2022 di Bali, Tegaskan Elemen Mahasiswa Tak Terpisah dengan Kepentingan Rakyat

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan, menggelar Rakernas di Universitas Pendidikan Nasional (UPN) Bali.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in BEM SI Gelar Rakernas 2022 di Bali, Tegaskan Elemen Mahasiswa Tak Terpisah dengan Kepentingan Rakyat
IST
Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan, menggelar Rakernas di Universitas Pendidikan Nasional (UPN) Bali, 20-22 September 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan, menggelar Rakernas di Universitas Pendidikan Nasional (UPN) Bali, 20-22 September 2022.

Rakernas BEM SI merupakan forum musyawarah intelektual untuk merevitalisasi peran dan posisi Aliansi BEM SI Kerakyatan sebagai kekuatan intelektual transformatif.

Kordinator Pusat Aliansi BEM SI, Abdul Kholiq menyebut dalam Rakernas ini, BEM SI meneguhkan komitmen sebagai elemen yang tidak terpisah dengan kepentingan rakyat.

Abdul Kholiq menyebut prinsip dan arah gerak berlandaskan Piagam Persatuan BEM SI Kerakyatan yang dideklarasikan di Padang, Sumatera Barat.

"Ini menjadi semangat pembaharu dalam alansi ini," ungkapnya kepada Tribunnews.com, Jumat (24/9/2022).

Rekernas Aliansi BEM SI Kerakyatan ini juga disebutnya sebagai wadah merevitalisasi pikiran dan peran mahasiswa guna mendorong terjadinya tranformasi sosial di Indonesia.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan, menggelar Rakernas di Universitas Pendidikan Nasional (UPN) Bali, 20-22 September 2022.
Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan, menggelar Rakernas di Universitas Pendidikan Nasional (UPN) Bali, 20-22 September 2022. (IST)

Baca juga: Kawat Duri Dirusak saat Massa BEM SI Demo Tolak Kenaikan BBM

"Oleh karena itu, mahsiswa perlu mengmbil posisi sebagai kekuatan Intelektual Transformatif, yaitu gerakan intektual yang mampu melahirkan ide-ide yang lahir dari proses dialektika dengan masyrakatnya."

"Sekaligus terus menerus memperjuangkan gagasan tersebut bersama masyarakat guna mencapai transformasi sosial yang dicita-citakan," ungkapnya.

Ia menegaskan Aliansi BEM SI Kerakyatan terus membangun gerakan yang substantif, inklusif dan konstruktif berdasarkan intelektualitas.

"Gerakan melakukan revitalisasi ideologis mahasiswa perlu dilakukan karena masa depan negeri ini membutuhkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai hal," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas