Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cetak Advokat Berkualitas dan Andal, Peserta PKPA Peradi Jakarta Barat Diminta Jaga Integritas

Peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) mendapat pesan khusus agar menjaga integritas jika kelak lulus dan menjadi advokat.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Cetak Advokat Berkualitas dan Andal, Peserta PKPA Peradi Jakarta Barat Diminta Jaga Integritas
istimewa
Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan XI DPC Peradi Jakarta Barat dan ‎Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peserta Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan XI DPC Peradi Jakarta Barat dan ‎Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) mendapat pesan khusus, yakni harus menjaga integritas jika kelak lulus dan menjadi advokat.

Pasalnya, belakangan ini ada sejumlah perbuatan oknum penegak hukum yang sangat mencoreng dunia hukum, seperti kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansya Yosua Hutabarat (Brigadir J) hingga operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap hakim agung dan advokat terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Ketua Panitia PKPA Angkatan ‎XI DPC Peradi Jakarta Barat, Tri Harmastuti di Jakarta, Senin (26/9/2022), menyampaikan, PKPA Angkatan XI DPC Peradi‎ Jakbar-UIA diikuti sebanyak 84 peserta.




Sekretaris DPC Peradi Jakarta Barat, Herry Suherman, dalam penutupan PKPA yang digelar secara hybrid dari UIA, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, akhir pekan kemarin, menyampaikan, terima kasih kepada UIA atas kerja sama yang telah terjalin dalam mencetak calon-calon advokat yang berkualitas, andal, dan berintegritas hingga angkatan XI.

Baca juga: Peradi Jakarta Pusat Gelar Konsultasi Hukum Gratis Saat Car Free Day

Ia juga menyampaikan bahwa ‎belakangan ini banyak sekali organisasi advokat.

Karena itu, para peserta PKPA diharapkan tidak salah pilih jika lulus menjadi advokat.

Menurutnya, Peradi merupakan satu-satunya wadah tunggal sebagaimana UU Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

BERITA TERKAIT

Dalam kesempatan tersebut, Herry juga menyampaikan pesan khusus dari Ketua DPC Peradi Jakarta Barat, Suhendra Asido Hutabarat, selain jangan salah pilih organisasi advokat, para peserta PKPA diharapkan dapat bergabung dengan DPC Peradi Jakarta Barat.

Baca juga: Gandeng Bea Cukai, Peradi Tingkatkan Pengetahuan Advokat Terkait Hak Kekayaan Atas Intelektual

Dekan Fakultas Hukum (FH) UIA, ‎Efridani Lubis, menyampaikan, pihaknya sejalan dengan harapan DPC Peradi Jakarta Barat.

“Sama dengan Pak Herry, kami juga berharap ada PKPA ke-12, ke-13, dan seterusnya. Kita tingkatkan lagi kualitasnya‎," katanya.

Untuk peserta kali ini, terjadi peningkatan sangat signifikan dibanding peserta PKPA Angkatan X yang berjumlah 65 orang.‎
“Dalam kondisi Covid seperti ini, tenyata kita berhasil mengumpulkan 84 peserta dan sebagiannya alumni FH Universitas As-Syafi'iyah,” katanya.

Rektor UIA ‎Dr Masduki Ahmad, menyampaikan pesan sastrawan Inggris, William Shakespeare “The first thing we do, let's kill all the lawyers”.

Baca juga: Melalui PKPA, DPC Peradi Jakarta Barat Berkomitmen untuk Melahirkan Advokat Andal dan Berintegritas

Ia meminta agar peserta PKPA menjaga marwah advokat merupakan profesi mulia (officium nobile).

“Profesi hukum sangat dihormati,” ucapnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas