Tribun

Presidensi G20

TNI AL Siapkan 12 Kapal Perang untuk Pengamanan KTT G-20 di Bali

Yudo mengatakan terkait pengamanan KTT G-20 pihaknya masih membahas dalam rapat bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in TNI AL Siapkan 12 Kapal Perang untuk Pengamanan KTT G-20 di Bali
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat berada di atas KRI Dewa Ruci yang sedang berlayar di perairan Kepulauan Seribu, Jumat (2/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan sementara ini pihaknya telah menyiapkan 12 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dalam rangka pengamanan KTT G-20 yang rencananya akan digelar di Bali November 2022 mendatang.

Yudo mengatakan terkait pengamanan KTT G-20 pihaknya masih membahas dalam rapat bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dalam rapat terakhir, ia telah melaporkan unsur-unsur TNI AL yang siap digelar.

"Ini masih dalam rapat dengan anggaran yang ada harus kita proyeksikan berapa KRI. Sementara ini kita siapkan 12 KRI yang kita siapkan," kata Yudo di Mako Koarmada I Jakarta Pusat pada Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Kementerian Pertanian Siap Fasilitasi Pertemuan Bilateral Antar Negara G20 Pada AMM 2022

Rencananya, kata dia, Pangkoarmada II akan ditugaskan sebagai Komando Kendali Operasi (Kodal Ops) untuk pengamanan laut gelaran KTT G-20.

Terkait hal tersebut, nantinya Pangkoarmada II akan mengatur wilayah pengamanan dan patroli kapal perang asing yang terlibat dalam gelaran tersebut.

"Ini saya kira ini sudah menjadi kesepakatan internasional di mana di suatu negara yang melaksanakan kegiatan dan kapal asing yang akan mengamankan kepala negaranya di wilayah teritorial kita. Ya kita yang akan mengatur untuk sektor patrolinya dari unsur-unsur tersebut," kata Yudo.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas