Tribun

Kapal Perang Terbaru Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Spey Kunjungi Bali pada 30 September

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan HMS Spey adalah kapal paling ramah lingkungan di Angkatan Laut mereka.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kapal Perang Terbaru Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Spey Kunjungi Bali pada 30 September
Ist
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan HMS Spey adalah kapal 'terhijau' dan paling ramah lingkungan di Angkatan Laut Kerajaan Inggris. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal perang Kerajaan Inggris HMS Spey, akan mengunjungi Bali, Indonesia mulai 30 September hingga 3 Oktober 2022.

Kedutaan Inggris di Jakarta, Kamis (29/9/2022) menyatakan kedatangan kapal beserta awaknya untuk melakukan pertukaran budaya dengan TNI Angkatan Laut (AL) dan anak-anak dari sanggar tari Bali. 

HMS Spey tengah beroperasi selama lima tahun di kawasan Indo-Pasifik bersama kapal AL Inggris HMS Tamar.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan HMS Spey adalah kapal 'terhijau' dan paling ramah lingkungan di Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Catalytic converter yang dipasang pada corong serapan untuk mengurangi emisi CO2.

Baca juga: TNI AL Siapkan Aturan untuk Kapal Perang Asing Amankan Kepala Negaranya yang Hadiri KTT G20 di Bali

"Teknologi yang digunakan di kapal adalah contoh yang bagus dari transisi energi berkelanjutan, salah satu Prioritas G20 Kepresidenan Indonesia," kata Jenkins dalam keterangannya.

Disebutkan, HMS Spey baru-baru ini melakukan patroli untuk memerangi penangkapan ikan ilegal yang tidak diatur dan tidak dilaporkan, serta melakukan survei lingkungan. 

Dua puluh persen awak kapal adalah perempuan. 

Salah satunya adalah Executive Officer Letnan Komandan Bridget Macnae, yang akan memimpin kedatangan kapal ke Bali. 

“Saya dan kru kapal HMS Spey sangat senang mengunjungi Bali, dan ini adalah kunjungan pertama setelah lebih dari 25 tahun sejak kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris merapat di sini," ujar Macnae. 

Letnan Komandan Macnae dijadwalkan bertemu dengan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Pangdam Udaya Mayjen Sonny Aprianto sebagai bagian dari kunjungan kehormatan.

Di Bali, awak kapal HMS spey berpartisipasi dalam tarian Poco Poco dan Maumere bersama TNI Angkatan Laut. 

"Kami sangat menantikan kesempatan untuk pertukaran budaya, olahraga dan tarian-tarian tradisional Indonesia,” ujar Macnae.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas