Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, AHY: Tak Ada Sepakbola Seharga Nyawa Manusia

AHY mengatakan kalau peristiwa Sabtu malam di Kanjuruhan itu merupakan catatan kelam bagi olahraga Indonesia.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Soal Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, AHY: Tak Ada Sepakbola Seharga Nyawa Manusia
KOMPAS.com/SUCI RAHAYU
Suasana di area Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, seusai kericuhan penonton yang terjadi seusai laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. Berikut fakta-fakta terkait tembakan gas air mata di Kerusuhan Stadion Kanjuruhan. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat turut menyoroti tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pasca pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema Malang kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mendesak adanya proses pendalaman investigasi terhadap seluruh pihak terkait, dalam hal ini pihak kemanan, ofisial tim hingga panitia pelaksana.

"Mendorong agar dilakukan investigasi mendalam pihak-pihak terkait yang bertanggung jawab, supaya menjadi pelajaran besar agar kejadian semacam ini jangan sampai terulang," kata AHY dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/10/2022).

Baca juga: Kompetisi Liga 1 Ditunda Manajemen Persib Bandung Bilang Bobotoh Jangan Khawatir

Lebih lanjut, putra sulung dari Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyayangkan atas terjadinya tragedi tersebut.

Dirinya juga tegas mengatakan kalau peristiwa Sabtu malam di Kanjuruhan itu merupakan catatan kelam bagi olahraga Indonesia.

"Hilangnya ratusan nyawa di Stadion Kanjuruhan ini adalah catatan kelam bagi olahraga Indonesia, termasuk salah satu yang memakan korban terbesar di dunia," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI

AHY juga turut menyampaikan belasungkawa atas tewasnya ratusan orang dalam tragedi tersebut.

Dirinya juga berharap agar seluruh korban luka bisa segera pulih dan tidak bertambah angka korban jiwa.

"Semoga keluarga yang dtitinggalkan diberikan kekuatan. Juga agar korban luka segera pulih," kata dia.

"Tak ada sepakbola seharga nyawa manusia," pungkas AHY.

Diketahui, insiden kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, usai pertandingan Liga 1 antara Arema Malang menjamu Persebaya Surabaya.

Berdasarkan keterangan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, kerusuhan itu terjadi usai supporter Arema Malang yakni Aremania tidak menerima kekalahan yang ditelan tim kebanggaannya.

Di mana dalam pertandingan yang tersaji pada Sabtu (1/10/2022) malam itu, Arema Malang ditekuk Persebaya Surabaya dengan skor 2-3.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas