Tribun

Bursa Capres

SSI Rilis Survei Terbaru Peta Politik Nasional: Prabowo Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Dalam survei pertanyaan terbuka Prabowo Subianto berhasil ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in SSI Rilis Survei Terbaru Peta Politik Nasional: Prabowo Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
Tribunnews.com/Rahmat
Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia Abdul Hakim mengungkapkan elektabilitas Prabowo Subianto berada di puncak berdasarkan hasil survei tersebut. Elektabilitas Prabowo sebesar 15,0 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 11,7 persen, dan Anies Baswedan sebesar 10,7 persen. 

Laporan Wartawan Tribunnews Rahmat W. Nugraha

TRIBUNNEWS, JAKARTA - Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim merilis hasil survei peta politik nasional terbaru terkait capres dan cawapres.

Mengambil data 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi, dalam survei pertanyaan terbuka Prabowo Subianto berhasil ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Dalam survei pertanyaan terbuka, Prabowo Subianto mendapatkan suara 15 persen unggul dari Ganjar Pranowo sebesar 11,7% dan Anies Baswedan sebesar 10,7%,” kata Hakim dalam pemaparan hasil survei SSI, Senin (3/10/2022).

Baca juga: PSI Deklarasikan Ganjar Pranowo jadi Capres 2024, Tegas Tak akan Dukung Anies Baswedan

Selanjutnya dalam survei pertanyaan tertutup dengan menyodorkan 4 nama calon presiden. Prabowo Subianto unggul sebesar 33,4%, disusul Ganjar Pranowo 27,9%, Anies Baswedan sebesar 23,7%, dan Puan Maharani sebesar 3,3%.

Sementara yang belum memutuskan atau tidak tahu, tidak jawab dan rahasia sebanyak 11,7%.

“Kenapa empat nama menampilkan Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Puan Maharani. Hal itu dikarenakan sekarang kecenderungan koalisi pada empat nama ini,”

Kemudian hasil laporan survei SSI berdasarkan wilayah Jawa-Bali Ganjar Pranowo memimpin penilaian dengan 33,3% disusul Prabowo Subianto 24,1% dan Anies baswedan 20,0%.

Baca juga: Kader Dorong AHY Maju Pilpres, Juru Bicara Partai Demokrat: Bisa Jadi Capres atau Cawapres

Kemudian untuk wilayah di luar Jawa-Bali Prabowo Subianto pimpin elektabilitas dengan 39,0%, disusul Anies Baswedan 22,0% dan Ganjar Pranowo 6,8%.

Pemungutan suara pada Pemilu 2024 sendiri disepakati akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat rancangan tahapan dan jadwal pemilu. Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD RI.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas