Tribun

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Polri Ungkap Pintu 12 Menjadi Lokasi yang Paling Banyak Renggut Korban di Tragedi Kanjuruhan

Polri mengungkap bahwa pintu 12 menjadi lokasi yang paling banyak merenggut banyak korban jiwa di tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Polri Ungkap Pintu 12 Menjadi Lokasi yang Paling Banyak Renggut Korban di Tragedi Kanjuruhan
SURYA/PURWANTO
Polri Ungkap Pintu 12 Menjadi Lokasi yang Paling Banyak Renggut Korban di Tragedi Kanjuruhan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri mengungkap bahwa pintu 12 menjadi lokasi yang paling banyak merenggut banyak korban jiwa di tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur.

Dalam foto yang diterima, akses pintu 12 telah dipasang garis polisi berwarna kuning oleh pihak kepolisian. Garis polisi tersebut terpasang tepat di tengah tribun penonton.

Dalam foto itu, terlihat masih ada sejumlah sampah yang masih berserakan. Terlihat pula ada dua petugas kepolisian dalam foto tersebut. 

"Inilah TKP yang banyak memakan korban karena kontigensi dan emergency plan enggak jalan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Sabtu (8/10/2022). 

Dedi menuturkan pihaknya menyalahkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena hanya ada 2 pintu darurat atau emergency yang terbuka saat tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan penonton tersebut.

Ia menjelaskan bahwa ada 8 pintu darurat di Stadion Kanjuruhan Malang. Namun, hanya ada satu pintu yang dibuka oleh PT LIB.

Menurutnya, salah pintu darurat yang terbuka itu pun satu di antaranya dipakai untuk evakuasi para pemain Persebaya. Sedangkan satu pintu darurat lainnya untuk para penonton.

"Pintu emergency dari 8 yang terbuka hanya 2 itu pun untuk jalur evakuasi pemain Persebaya," ungkap dia.

Ia menuturkan bahwa pintu darurat lainnya disebut dalam keadaan terkunci dan tidak dapat berfungsi.

Baca juga: Polisi Salahkan PT LIB Karena Hanya 2 Pintu Emergency yang Terbuka di Tragedi Kanjuruhan

Menurutnya, hal ini merupakan kesalahan PT LIB yang tidak melakukan audit kedaruratan.

"Yang 6 lainnya tertutup, terkunci dan tidak dapat difungsikan. Panpel PT LIB tidak melalukan audit kedaruratan," pungkasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas