Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertemuan dengan AHY, Upaya Anies Baswedan Bergerak Membangun Koalisi Modal Maju Pilpres 2024

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menyoroti pertemuan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat, AHY.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pertemuan dengan AHY, Upaya Anies Baswedan Bergerak Membangun Koalisi Modal Maju Pilpres 2024
Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menerima kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jumat (7/10/2022) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menyoroti pertemuan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat (7/10/2022) kemarin.

Menurut Ujang, pertemuan itu dilihatnya sebagai sinyal koalisi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan Partai Demokrat (PD), atas pencapresan Anies Baswedan yang diumumkan NasDem beberapa hari lalu.

"Anies butuh koalisi, nah yang memungkinkan untuk berkoalisi dengan NasDem adalah salah satunya Demokrat, tentu ada PKS," kata Ujang saat dihubungi Tribunnews.com, Minggu (9/10/2022).

Ujang mengatakan, Anies perlu bergerak melakukan silaturahmi politik, untuk melengkapi syarat sebagai Calon Presiden (Capres) sesuai ketentuan tentang ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold 20 persen.

Sebab, jika tidak, lanjut Ujang, Anies disebutnya bakal sulit menjadi Capres di tahun 2024 mendatang.

"Kalau hanya NasDem dengan PKS tidak memenuhi. Tapi kalau NasDem didukung oleh PKS dan Demokrat maka akan memenuhi 20 persen persyaratan presidential threshold," ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Ujang menambahkan, pertemuan antara Anies dan AHY dinilainya perlu dilakukan sebagai langkah dalam mencari dukungan atas pencalonan Anies sebagai Capres.

"Jadi saya melihat sebuah keniscayaan, sebuah keharusan bagi Anies yang sudah dicapreskan oleh Nasdem untuk bergerak, membangun jejaring silaturahmi. Dan membangun rencana koalisi dengan partai lain termasuk dengan Partai Demokrat," tutur dia.

Lebih jauh, Ujang memprediksikan, nantinya Anies bakal bertemu dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca juga: Anies-AHY Mesra, Demokrat: Koalisi dengan NasDem dan PKS Tinggal Menunggu Waktu

"Saya melihat kedepan juga pasti Anies akan bertemu dengan PKS," ucapnya.

Diketahui, Anies Baswedan melakukan silaturahmi politik perdana ke Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setelah dideklarasikan Partai NasDem menjadi Capres 2024.

Pertemuan Anies Baswedan dan AHY diketahui berlangsung di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas