Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok, Komnas HAM Bakal Sampaikan Hasil Investigasi Tragedi Kanjuruhan Kepada Publik

Komnas HAM akan menyampaikan hasil investigasi Tragedi Kanjuruhan kepada publik besok. Kini Komnas HAM masih akan melakukan penyempurnaan.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Besok, Komnas HAM Bakal Sampaikan Hasil Investigasi Tragedi Kanjuruhan Kepada Publik
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (kanan) bersama Choirul Anam (kiri) usai bertemu Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) di Kantor Kemenkopolhukam, Selasa (11/10/2022). Komnas HAM akan mengumumkan hasil investigasinya terkait Tragedi Kanjuruhan besok. 

Besok, Komnas HAM Bakal Sampaikan Hasil Investigasi Tragedi Kanjuruhan ke Publik

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komnas HAM menyatakan telah melakukan investigasi atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 132 orang usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) malam.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, pihaknya akan menyampaikan hasil investigasinya itu kepada publik, Rabu (12/10/2022).

"Besok konferensi pers temuan-temuan sementara dan apa langkah ke depan, jadi saya kira lengkapnya besok," kata Beka kepada awak media di Kantor Kemenkopolhukam, Selasa (11/10/2022) malam.

Beka menyebut, untuk saat ini, Komnas HAM masih akan melakukan penyempurnaan untuk dapat disampaikan kepada publik.

Adapun jadwal konferensi pers untuk penyampaian hasil investigasi itu akan dilakukan pada siang hari.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan: Polisi menyatakan gas air mata tidak ada yang mematikan, penyintas ‘napas pedih, kita memilih untuk tidak napas’

BERITA TERKAIT

"Sekalian resminya besok, karena ada beberapa hal yang harus disiapkan malam ini. Besok siang ya jam 1 atau jam 2," kata Beka.

Sudah Kantongi Video Kunci

Komnas HAM pun mengaku telah mengantongi bukti kuat berupa video terkait Tragedi Kanjuruhan.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyatakan, video yang didapatinya itu diyakini merupakan satu-satunya video sangat kunci untuk mengungkap tabir tragedi tersebut.

Beberapa bukti termasuk video didapat Komnas HAM saat pihaknya melakukan investigasi ke Malang setelah kejadian.

"Banyak dokumen banyak video dan sebagainya termasuk video yang menurut kami menjadi video sangat kunci kenapa peristiwa itu terjadi, sangat kunci," kata Anam saat ditemui awak media di Kantor Kemenkopolhukam usai bertemu TGIPF, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan: Polisi menyatakan gas air mata tidak ada yang mematikan, penyitas ‘napas pedih, kita memilih untuk tidak napas’

Kendati demikian, Anam mengatakan pihaknya belum mau terburu-buru membeberkan hasil temuan atau investigasinya soal video itu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas