Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenkominfo Ajak Wartawan ASEAN Lahirkan Good Journalism di Tengah Disrupsi Digital

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengajak wartawan di negara-negara ASEAN untuk melahirkan jurnalisme yang baik

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kemenkominfo Ajak Wartawan ASEAN Lahirkan Good Journalism di Tengah Disrupsi Digital
Istimewa
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong mengajak wartawan di negara-negara ASEAN untuk melahirkan jurnalisme yang baik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengajak wartawan di negara-negara ASEAN untuk melahirkan jurnalisme yang baik.

Usman Kansong mengatakan teknologi digital memunculkan disinformasi, hoax, misinformasi dan malinformasi.

Baca juga: Kemenkominfo: ASN Harus Pahami Literasi Digital untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

Sehingga, menurut Usman, peran wartawan masih dipercaya oleh publik untuk menyebarkan informasi yang akurat melalui mekanisme jurnalistik yang benar, mekanisme cek dan ricek serta mekanisme verifikasi yang tidak dilakukan oleh media sosial.

"Bagaimana kita ciptakan good jurnalism di tengah serbuan teknologi dan disrupsi digital," ujar Usman melalui keterangan tertulis, Sabtu (15/10/2022).

Usman mendukung penyelenggaraan The 20th General Essembly Confederation Of Asean Journalist (CAJ) atau Sidang Umum Ke-20 Konfederasi Wartawan ASEAN di Bali.

Pasalnya, Bali paling terdampak pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi anjlok hingga dalam posisi minus.

BERITA REKOMENDASI

"Selain untuk meningkatkan kualitas SDM para wartawan di negara ASEAN termasuk kualitas informasi yang disampaikan, juga turut membantu mempromosikan pariwisata Bali yang amat terpuruk," kata Usman.

Dirinya berharap acara ini sekaligus mempromosikan DTW Tanah Lot dan obyek wisata lainnya seperti Bedugul dan Danau Beratan.

"Khususnya obyek wisata yang ada di Tabanan dan Bali pada umumnya. Kita tahu Bali mengandalkan pariwisata. Nah ketika terpuruk, di sinilah kepedulian kita membantu Bali," sambungnya.

Ke depan, kata Usman, penyelenggaraan bisa dilaksanakan di kabupaten lainnya di Bali sehingga pariwisata Bali kembali menggeliat.

Baca juga: Kemenkominfo Genjot Peningkatan Literasi Digital ke Palajar dan Guru

Bali Declaration atau Deklarasi Bali yang dihasilkan oleh penyelenggaraan CAJ ini bertujuan untuk mempererat kolaborasi, kerja sama dan meningkatkan kualitas jurnalisme di negara-negara ASEAN.

"Pada intinya penyelenggaraan CAJ berdampak positif untuk journalisme dan tourism," tutur Usman.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengaku bangga kembali bisa secara langsung menikmati keindahan pesona wisata Pulau Bali setelah sempat terdampak pandemi Covid-19.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas