Tribun

Presidensi G20

Petani Bali Taruh Harapan di Gelaran KTT G20: Pertanian Berbasis Online-Bangkitkan Pariwisata

(KTT) G20 yang akan digelar November mendatang, diharapkan mampu memegang kendali ekonomi dan memulihkan ekonomi dunia.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Petani Bali Taruh Harapan di Gelaran KTT G20: Pertanian Berbasis Online-Bangkitkan Pariwisata
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Petani Bali Taruh Harapan di Gelaran KTT G20: Pertanian Berbasis Online-Bangkitkan Pariwisata 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar November mendatang, diharapkan mampu memegang kendali ekonomi dan memulihkan ekonomi dunia.

Hal itu juga yang menjadi harapan kaum petani Indonesia dan dunia yang menitipkan harapan pada gelaran G20 di Bali.

Seorang Petani Paprika asal Bali, Komang Witara berharap, dengan agenda transformasi berbasis digital yaitu salah satunya produk pertaniannya bisa dipasarkan secara online. 

"Kalau dipasarkan secara online cakupan pasar lebih besar jangkauannya dan karena memotong rantai pemasaran maka harga yang layak bisa dinikmati oleh saya sebagai produsen atau petani," kata Komang Witara, Sabtu (22/10/2022). 

Menurut Komang, dirinya yang menggunakan metode green house untuk menanam paprikanya itu, G20 yang mengusung agenda utama pemilihan ekonomi global sangat senafas dengan harapannya. 

Apalagi, pandemi covid-19 dan gejolak lainnya memukul seluruh sektor kehidupan termasuk pertanian. 

Petani yang memiliki 4,5 are untuk 2000 pohon dan menghasilkan 5 ton per tahun itu menggantungkan sumber permodalannya dari Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Program permodalan tersebut dirasakannya sangat membantu untuk tetap bercocok tanam sehingga dalam 12 bulan, dirinya mendapatkan omset bruto Rp.120juta.

Sebagai petani asli Pulau Dewata, ia mengharapkan pelaksanaan KTT G20 berlangsung lancar. KTT ini merupakan kebanggaan Indonesia, khususnya warga Bali

"Bali bukan sekali ini saja menjadi tuan rumah event internasional. Sebagai warga Bali sangat bangga dan berharap event ini berlangsung sukses. Dengan suksesnya acara semakin membuat Bali menjadi terkenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia," paparnya. 

Baca juga: Presidensi G20 Dinilai Bisa Beri Dampak Positif untuk Ekonomi Indonesia dan Bukti Pulih dari Pandemi

Kesuksesan G20, lanjut dia, akan mendatangkan banyak manfaat seperti dari sektor pariwisata. Turunannya memicu peningkatan permintaan produk pertanian. 

"Sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat hususnya saya sebagai petani pastinya sangat berpengaruh pada permintaan dan harga produk saya," jelasnya. 

Ia mengatakan pemerintah pusat dan daerah harus benar-benar memanfaatkan G20 untuk dapat mempromosikan produk dalam negeri ke pasar global. 

"Pemerintah daerah Bali agar lebih memperkenalkan produk pertanian lokal yang khas dan berkwalitas untuk para delegasi G20," pungkasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas