Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Unilever Indonesia Pastikan Produk Sampo Cair yang Diedarkan di Indonesia Aman

Penarikan produk sampo kering atau dry shampoo di Amerika Serikat dan Kanada, tidak terkait dengan produk di Indonesia.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Unilever Indonesia Pastikan Produk Sampo Cair yang Diedarkan di Indonesia Aman
hip2save
Dove Dry Shampoo, satu dari sejumlah produk shampoo produksi Unilever yang ditarik dari pasar Amerika Serikat karena dugaan kandungan Benzena, bahan kimia yang memicu kanker. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan, penarikan produk sampo kering atau dry shampoo di Amerika Serikat dan Kanada, tidak terkait dengan produk di Indonesia.

Head of Communication PT Unilever Indonesia Tbk., Kristy Nelwan menerangkan, Unilever Amerika Serikat dan Kanada secara sukarela menarik kode lot produksi spesifik dari dry shampoo, bukan sampo cair, yang diproduksi sebelum Oktober 2021 sebagai upaya kehati-hatian setelah penyelidikan internal mengidentifikasi adanya peningkatan kadar benzena.

"Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan dry shampoo ini," ujarnya dalam rilis tertulisnya, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: Unilever Indonesia Pastikan Produk Sampo Kering Dove hingga TRESemme di Indonesia Aman Digunakan

Disampaikan pula bahwa evaluasi dampak kesehatan yang dilakukan secara independen menyimpulkan bahwa kadar benzena yang terdeteksi tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Unilever tidak menggunakan benzena sebagai bahan dan menerapkan standar keamanan yang tinggi secara global yang membatasi jumlah jejak benzena yang dapat terjadi karena keberadaan alaminya dalam bahan baku tertentu.

"Kami senantiasa beroperasi dengan standar kualitas dan keamanan yang ketat, dan selalu mematuhi semua peraturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia," imbuh Kristy.

BERITA TERKAIT

Unilever Indonesia terus bekerjasama secara aktif dengan otoritas terkait untuk memastikan produk-produk yang diedarkan di Indonesia aman untuk masyarakat.

Baca juga: Picu Kanker, Dry Shampoo Dove hingga TRESemme Ditarik di AS, BPOM: Produk Tak Terdaftar di Indonesia

Daftar lengkap produk yang terkena dampak dapat dilihat di sini: www.UnileverRecall.com

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., menegaskan produk-produk yang ditarik di AS dan Kanada tidak terdaftar di Indonesia.

"Itemnya tidak terdaftar di Indonesia, jadi sudah ada penjelasannya cukup lama, mungkin kalau di-search penjelasan di BPOM, bisa dicari keyword Dove,” ungkap Reri kepada wartawan, Selasa (25/10/2022).

BPOM juga telah melakukan pengecekan dan penelusuran terkait produk, kemudian hasilnya produk yang ditarik Unilever dari pasar AS dan Kanada tidak ditemukan di Indonesia.

“Jadi sampo tersebut tidak terdaftar dan diproduksi di Indonesia. Tentu selain kami mengecek daftar, kami juga melakukan pemantauan di pasaran dan ternyata memang tidak ditemukan,” imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas