Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Komponen Cadangan atau Komcad yang Disorot Jokowi Hingga Minta Prabowo Lakukan Perbaikan

Mengenal Komponen Cadangan atau Komcad yang disorot Jokowi setelah BPK memberikan koreksi terhadap Kementerian Pertahanan.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Mengenal Komponen Cadangan atau Komcad yang Disorot Jokowi Hingga Minta Prabowo Lakukan Perbaikan
Dok. Kementerian Pertahanan
Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2021. Mengenal Komponen Cadangan atau Komcad yang disorot Jokowi setelah BPK memberikan koreksi terhadap Kementerian Pertahanan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komponen Cadangan atau Komcad menjadi sorotan setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan koreksi terhadap Kementerian Pertahanan (Kemenhan) terkait penganggaran program tersebut.

BPK memberikan beberapa koreksi terkait penganggaran Komcad yang dilakukan bertahap.

Sekadar informasi berdasarkan audit sistem pengendalian internal dan kepatuhan BPK terhadap laporan keuangan Kementerian Pertahanan tahun anggaran 2021, menemukan adanya sejumlah pengadaan barang senilai Rp 531,96 miliar yang belum masuk ke dalam anggaran 2021, dan lebih dari separuhnya yaitu Rp 235,25 miliar digunakan untuk kegiatan pembentukan Komponen Cadangan (Komcad).

Koreksi BPK tersebut pun telah ditindaklanjuti dengan berkirim surat ke Kemenhan langsung.

Koreksi yang diberikan BPK bersifat administratif dan ada sejumlah koreksi yang sudah ditindaklanjuti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Terkait koreksi BPK tersebut Presiden Jokowi pun menyinggungnya saat di acara Pameran Indo Defence 2022 Expo dan Forum di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Jokowi Perintahkan Menhan Prabowo Subianto Perbaiki Temuan BPK Soal Penganggaran Komcad

Menurut Jokowi temuan masalah anggaran tersebut selalu ada dan tidak hanya di Kementeri Pertahanan saja.

BERITA TERKAIT

“Temuan-temuan seperti itu di Kementerian-kementerian itu selalu ada,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan yang paling penting sekarang ini adalah melakukan perbaikan perbaikan terhadap temuan BPK tersebut.

Ia telah memerintahkan para Menteri yang mendapat koreksi BPK termasuk Menhan Prabowo Subianto untuk segera melakukan perbaikan.

Baca juga: Tugas dan Fungsi Komcad, Sebanyak 2.974 Orang Resmi Ditetapkan

“Saya sudah perintahkan kepada semua menteri, tidak hanya satu urusan itu saja (Komcad), karena kemarin juga baru disampaikan kepada saya, laporan untuk semester I nya dan temuannya banyak dan itu yang perlu dilakukan perbaikan-perbaikan dan menyampaikan semuanya kepada BPK RI,” katanya.

Lalu apa itu Komponen Cadangan atau Komcad?

Berikut ini penjelasan mengenai Komcad sebagaimana dikutip Tribunnews.com dari laman ppid.kemhan.go.id:

Komponen Cadangan atau Komcad adalah satu di antara program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas