Tribun

Bakal Ada Aksi 411, Presiden Jokowi Pilih Lakukan Kunjungan Kerja ke Jawa Timur Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Jumat (4/11/2022). Padahal hari ini akan ada Aksi 411 di sekitar istana.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Bakal Ada Aksi 411, Presiden Jokowi Pilih Lakukan Kunjungan Kerja ke Jawa Timur Hari Ini
dok. Setpres
Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Jumat (4/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Jumat (4/11/2022).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa rencana kunjungan kerja tersebut sudah dijadwalkan sejak lama.

“Jadi rencana kunker hari ini dijadwalkan sudah lama,” kata Bey.

Ia mengatakan rencana kunjungan kerja Presiden ke Mojokerto Jawa Timur awalnya akan dikakukan pada 10 Oktober lalu, tapi tertunda.

Kementerian BUMN lalu mengajukan permohonan kembali kepada Presiden untuk kunjungan kerja ke Mojokerto.

Baca juga: Demo 411 Tuntut Jokowi Mundur, KSP Anggap Ngawur

“Jadi hari ini Presiden kunker ke Mojokerto, Jawa Timur. Sebetulnya rencananya kunker ke Mojokerto pada 10 Oktober lalu, namun tertunda saat itu. Oleh karena itu, Kementerian BUMN mengajukan permohonan kembali agar Bapak Presiden ke Mojokerto pada hari ini, 4 November 2022,” katanya.

Presiden melakukan kunjungan kerja ke Mojokerto untuk meninjau pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero).

Di sana, Presiden akan menghadiri acara "Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi".

Selepas itu, Presiden akan menuju Kebun Tebu Temu Giring, Kabupaten Mojokerto, untuk meninjau penanaman tebu dan berdialog dengan sejumlah petani tebu.

Baca juga: PA 212 Gelar Aksi 411 di Sekitar Istana Negara, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Selesai kegiatan di Kabupaten Mojokerto, Presiden akan menuju Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, Sejumlah Organisasi Massa (Ormas) termasuk Persaudaraan Alumni (PA) 212 bakal menggelar demonstrasi bertajuk Aksi Bela Rakyat (AKBAR) 411 di kawasan Istana Presiden, Gambir, Jakarta Pusat, Jum'at (4/11/2022).

Aksi unjukrasa digelar menuntut Presiden Jokowi mundur dari jabatanya.

Baca juga: Aksi 411 Hari Ini di depan Istana Negara, Berikut Rekayasa Lalu Lintas yang Dilakukan Polisi

Salah satu tokoh massa aksi, Habib Muhammad bin Husein Alatas mengatakan, aksi demonstrasi besok dilakukan karena pihaknya menganggap Presiden Jokowi telah gagal menjalankan pemerintahan.

"Bahwa oleh karena itu kami menuntut yang terhormat Presiden Joko Widodo dengan legowo untuk mundur sesuai TAP MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Politik dan Pemerintahan," ucap Hussein dalam keterangan persnya, Kamis (3/11/2022).

Terkait aksi yang akan digelar besok, Muhammad pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mengikuti agenda itu dengan ikut turun kejalan.

Selain itu alasan pihaknya melakukan aksi turun ke jalan lantaran ingin menyampaikan aspirasi perihal perbaikan berbagai keadaan di tanah air yang seharusnya bisa diselesaikan oleh pemerintah.

"Oleh karena itu sekali lagi kami mengajak segenap elemen bangsa yang cinta tanah air dan bangsa untuk turun ke jalan pada hari Jum'at esok untuk menyampaikan aspirasi mulia ini," pungkasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas