Tribun

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Minggu 6 November 2022, BMKG: 32 Wilayah Hujan Lebat, Petir & Berangin

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG, besok Minggu (6/11/2022). 32 wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Penulis: Tartila Abidatu Safira
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Minggu 6 November 2022, BMKG: 32 Wilayah Hujan Lebat, Petir & Berangin
Freepik/wirestock
Ilustrasi cuaca ekstrem - Berikut ini peringatan dini cuaca ekstrem oleh BMKG, untuk besok Minggu (6/11/2022). 32 wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini peringatan dini cuaca ekstrem oleh BMKG, untuk besok Minggu (6/11/2022).

Menurut situs resmi BMKG, 32 wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu, 32 wilayah yang berpotensi hujan lebat dapat disertai peteir dan angin kencang disebutkan BMKG, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Bengkulu, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tenggara hingga Papua.

BMKG memperbarui informasi peringatan dini cuaca ekstrem pada hari ini, Sabtu (5/11/2022) pukul 13.12 WIB.

BMKG menjelaskan, Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan barat laut Aceh, di Bangka Belitung, di perairan barat Bengkulu.

Kemudian di Maluku dan di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di 33 Kota Indonesia, Sabtu 5 November 2022 BMKG: Surabaya & Gorontalo Cerah Berawan

Terdapat juga di Semenanjung Malaysia, di Bengkulu, di Kalimantan Barat, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, di Maluku, dan di Papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Selat Karimata, dari NTT hingga NTB, di Kalimantan Selatan, di Kalimantan Tengah, di utara Kalimantan Barat.

Berlanjut di Kalimantan Utara, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tengah, di Sulawesi bag tengah dan dari Papua Barat hingga Papua.

Serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan utara Aceh, di perairan barat daya Banten, di Selat Karimata dan di Maluku Utara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas