Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erick Thohir dan Najwa Shihab Berada di Posisi Teratas yang Dijagokan Publik Jadi Ketua Umum PSSI

Erick Thohir menempati posisi paling atas yang dijagokan menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Erick Thohir dan Najwa Shihab Berada di Posisi Teratas yang Dijagokan Publik Jadi Ketua Umum PSSI
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Hasil survei dari Indikator Politik Indonesia terkait nama sosok yang dipilih publik layak menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang disampaikan secara virtual, Minggu (13/11/2022). Erick Thohir dan Nazwa Shihab tempati posisi teratas. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Menteri BUMN Erick Thohir menempati posisi paling atas yang dijagokan menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Diposisi kedua, ada nama presenter tanah air Najwa Shihab.

Hal itu sebagaimana hasil survei dari Indikator Politik Indonesia bertajuk 'Sikap Publik terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI yang dikeluarkan pada Minggu (13/11/2022) secara daring.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, nama Erick Thohir menjadi yang teratas dalam beberapa simulasi, termasuk untuk 8 nama semi terbuka.

"Baru 8 nama yang muncul, dari 8 nama semi terbuka ini Erick menempati peringkat pertama dengan 24,1 persen," kata Burhanuddin saat menyampaikan hasil surveinya.

Setelah Erick Thohir, terdapat nama presenter Najwa Shihab di posisi kedua, lalu disusul putra dari Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Baca juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, Publik Dominan Setuju Ketua Umum dan Pengurus PSSI Mundur dari Jabatan

BERITA TERKAIT

Tak hanya itu nama Iwan Bule hingga Menkopolhukam RI Prof Mahfud MD juga masuk dalam simulasi tersebut.

"Najwa Shihab nomor dua (perolehan) 10,4 persen tapi selisihnya signifikan dibanding Erick, Kaesang 5,8 persen, Iwan Bule 5,4 persen, Mahfud MD 4,9 persen, Azrul Ananda 3,0 persen, La Nyalla Mattalitti 2,1 persen, Ratu Tisha Destria 1,3," kata Burhanuddin.

Sementara untuk yang tidak menjawab dan tidak tahu siapa sosok yang pantas memimpin PSSI berada di angka yang cukup besar yakni 42,7 persen.

"Intinya Erick unggul tapi keunggulannya masih di bawah 50 persen menurut publik dan Najwa Shihab di peringkat kedua" kata Burhanuddin.

Baca juga: FIFA Minta PSSI Percepat Gelar Kongres Luar Biasa, Era Iwan Bule Selesai 16 Februari 2023

Tak hanya itu, Erick Thohir dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia juga kembali unggul dalam simulasi enam nama, tiga nama hingga head to head alias dua nama.

Di mana dari tiga nama, Erick Thohir berada di urutan pertama dengan perolehan 40,0 persen, Iwan Bule 8,4 persen dan La Nyalla Mattalitti 5,1 persen.

"Pemilih Najwa Shihab dll yang tidak masuk dalam simulasi 3 nama cenderung memilih Erick Thohir ketimbang ke La Nyalla Mattalitti atau ke Iwan Bule," kata Burhanuddin.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas