Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pembukaan KTT G20 Bali, Jokowi Ingatkan Krisis Pangan dan Energi di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya saat pembukaan KTT G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali pada Selasa (15/11/2022) pagi.

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Pembukaan KTT G20 Bali, Jokowi Ingatkan Krisis Pangan dan Energi di Tengah Pandemi Covid-19
Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya saat pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang kepada para pemimpin dunia dan tamu undangan KTT G20 di The Apurva Kempinski Bali.

"Selamat datang di Bali, selamat di Indonesia. Kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT G20," ucap Jokowi dalam tayangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022).

Selanjutnya, Jokowi menyadari, bahwa dunia sedang mengalami tantangan yang luar biasa.

Apalagi adanya krisis pangan, energi, hingga keuangan yang terjadi di tengah Pandemi Covid-19.

"Pandemi covid-19 belum usai, rivalitas terus menajam, perang terjadi, dan dampak dari krisis tersebut terhadap ketahanan pangan dan energi, keuangan sangat dirasakan dunia, terutama negara berkembang," ungkap Jokowi.

Baca juga: PM Kamboja Hun Sen Positif Covid Usai Mendarat di Bali, Batal Hadiri KTT G20

Di hadapan sejumlah pemimpin dunia dan tamu undangan KTT G20, Jokowi juga berbicara terkait masalah pupuk.

BERITA REKOMENDASI

Jokowi meminta permasalahan pupuk di dunia tidak disepelekan.

"Jika kita tidak segera mengambil langkah agar ketersediaan pupuk tercukupi dengan harga terjangkau maka 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram, tingginya harga pangan saat ini, dapat semakin memburuk menjadi krisis tidak adanya pasokan pangan."

"Kelangkaan pupuk akan mengakibatkan gagal panen di berbagai belahan dunia," ucap Jokowi.

Jokowi menyebut sebanyak 48 negara berkembang memiliki tingkat kerawanan pangan tertinggi akan menghadapi kondisi yang sangat serius.

Selain itu, kata Jokowi, permasalahan yang sedang dihadapi, yakni tatanan dunia dan hukum internasional yang sedang diuji.

Untuk itu, Jokowi pun berharap, forum KTT G20 di Bali ini harus menghasilkan kerja sama positif.

"Hari ini, mata dunia tertuju pada pertemuan kita, apakah kita akan mencetak keberhasilan? atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya KTT G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal," tegas Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022) pagi.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022) pagi. (Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas