Tribun

Muktamar Muhammadiyah

Pernyataan Jokowi di Muktamar Muhammadiyah, Singgung Perang di Ukraina hingga Dukung UMKM Naik Kelas

Presiden Joko Widodo singgung dampak perang di Ukraina saat buka Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022).

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Sri Juliati
zoom-in Pernyataan Jokowi di Muktamar Muhammadiyah, Singgung Perang di Ukraina hingga Dukung UMKM Naik Kelas
Tangkap layar kanal YouTube TvMu Channel
Presiden Joko Widodo saat hadiri Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (19/11/2022) hari ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah hal dalam pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (19/11/2022) hari ini.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengungkapkan soal pandemi Covid-19 yang berhasil ditangani di Indonesia. 

Menurut Presiden, Indonesia berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 yang hampir tiga tahun melanda berbagai belahan dunia. 

"Alhamdulillah Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19," ucapnya saat pembukaan Muktamar Muhammadiyah yang juga disiarkan melalui kanal YouTube Tribunnews, Sabtu (19/11/2022).

Jokowi menambahkan, Indonesia termasuk negara yang jumlah vaksinasinya terbanyak.

Saat ini, lebih dari 440 juta dosis vaksin telah disuntikkan kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: Jokowi Rela Tinggalkan KTT APEC di Bangkok Lebih Awal untuk Hadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah

"Keberhasilan kita dalam menangani pandemi ini telah menjadi pondasi penting dalam pemulihan ekonomi nasional kita," imbuhnya. 

Keberhasilan tersebut, kata Jokowi, tak lepas dari kontribusi keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah. 

"Pertama saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan keluarga Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam membantu penanganan Covid-19 di tiga tahun terakhir," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, Muhammadiyah sudah menggerakkan lebih dari 120 rumah sakit dan 235 klinik untuk membantu pengobatan Covid-19.

"Terima kasih telah menggerakan lebih dari 120 rumah sakit Muhammadiyah dan 235 klinik milik Muhammadiyah yang aktif dalam mengedukasi masyarakat serta dalam pengobatan dan vaksinasi selama pandemi," lanjut Jokowi

Hingga akhirnya, Indonesia berhasil mengendalikan Covid-19.

Ingatkan Dampak Perang Rusia-Ukraina

Meski pandemi Covid-19 perlahan mulai dikendalikan, Presiden mengingatkan permasalahan baru yang muncul akibat perang Rusia-Ukraina. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas