Tribun

Wapres Maruf Amin Akan Mulai Kunjungan ke Provinsi Baru di Wilayah Papua Hari Ini

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin akan mulai kunjungan ke empat provinsi di wilayah Papua pada hari ini, Senin (28/11/2022).

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Wapres Maruf Amin Akan Mulai Kunjungan ke Provinsi Baru di Wilayah Papua Hari Ini
wapresri.go.id
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin akan mulai kunjungan ke empat provinsi di wilayah Papua pada hari ini, Senin (28/11/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin akan mulai kunjungan ke empat provinsi di wilayah Papua pada hari ini, Senin (28/11/2022).

Ma'ruf Amin sebagai Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau Badan Pengarah Papua (BPP),  bakal mengunjungi Provinsi Papua dan Papua Barat, serta dua provinsi baru, yakni Provinsi Papua Selatan, dan Papua Tengah.

"Dalam rangka konsolidasi awal di Papua, Wakil Presiden memastikan transisi pelaksanaan UU Otsus yang baru ini, baik kesiapan kelembagaan, regulasi lokal dan skenario baru anggaran Otsus, yang langsung ke Kabupaten Kota," ujar Staf Khusus Wakil Presiden bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi melalui keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Masduki mengatakan pada kunjungan kali ini Ma'ruf Amin akan berfokus pada upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua.

Menurut Masduki, Ma'ruf Amin menginginkan adanya strategi menyeluruh dalam mendorong komoditas-komoditas unggulan Papua, baik sektor pertanian, pariwisata, perikanan dan ekonomi kreatif yang diletakkan dalam Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua 2022-2041.

"Demikian pula, terkait kebijakan pemekaran, Wakil Presiden melihat hal ini sebagai instrumen kebijakan yang bersifat terobosan dalam mendekatkan pelayanan publik, rentang kendali birokrasi, dan penguatan peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan," jelas Masduki.

Baca juga: Kini Indonesia Terdiri dari 38 Provinsi usai Papua Barat Daya Resmi jadi Provinsi Baru

Rencananya Ma'ruf Amin akan mengunjungi Jayapura, Merauke, Timika, Kaimana, dan Biak.

"Dalam kunjungan ini, Wakil Presiden ingin memastikan tegaknya prinsip, "No One Left Behind”, masyarakat asli Papua tidak tertinggal, bahkan orang asli Papua harus memainkan peran strategis dalam percepatan pembangunan dan otonomi khusus Papua," tutur Masduki.

Turut mendampingi Ma'ruf pada kunjungan kerja kali ini, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo; Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Muhammad Imam Aziz, dan Robikin Emhas; serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Johan Tedja Surya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas