Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Raih Gelar Guru Besar Bidang Ilmu Hukum dari Universitas Pakuan

Dasco menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul "Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat".

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Raih Gelar Guru Besar Bidang Ilmu Hukum dari Universitas Pakuan
Tribunnews.com/Reza Deni
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, saat dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum oleh Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum oleh Universitas Pakuan, Bogor Jawa Barat.

Dalam prosesi pengukuhan tersebut, Dasco menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul "Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat".

Dalam orasi ilmiah itu, Dasco memaparkan suasana pemilu sebagai puncak dari pesta demokrasi di Indonesia.

"Dalam paham kedaulatan rakyat, rakyatlah yang dianggap sebagai pemilik dan pemegang kekuasaan tertinggi suatu negara. Rakyatlah yang menentukan corak dan cara pemerintahan diselenggarakan. Rakyatlah pula yang menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh negara dan pemerintahannya itu," kata Dasco dalam orasinya di SICC, Sentul, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Dasco Soal Dua Parpol Bakal Gabung Koalisi Gerindra-PKB: Tunggu Tanggal Mainnya

Ketua Harian Partai Gerindra itu juga menjelaskan bahwa jaminan dan perlindungan terhadap hak dan kebebasan warga negara merupakan pilar utama demokrasi.

"Sesuai prinsip kedaulatan rakyat, maka seluruh aspek penyelenggaraan pemilihan umum harus dikembalikan kepada rakyat untuk menentukannya," ungkap dia.

BERITA REKOMENDASI

Terkait pengukuhan tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang hadir memberi sambutan berpesan kepadanya untuk tetap amanah mengemban jabatannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum.

"Kalau kita berjuang bersama, tidak ada atasan atau bawahan. Kalau kita berjuang bersama, kita memiliki nilai yang sama, kita adalah kawan seperjuangan," kata dia.

"Kawan seperjuangan, tidak melihat posisi, tidak mementing duduk yang paling depan atau yang diduduk paling belakang. Siapa tahu yang duduk paling belakang, dialah yang berbuat besar," kata Prabowo.

Pengukuhan dihadiri sejumlah tokoh negara seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Pertahanan dan sejumlah politisi lainnya ikut hadir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas