Tribun

Pergantian Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR: Calon KSAL Harus Miliki Chemistry dengan Laksamana Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno menilai Calon KSAL nantinya harus memiliki kedekatan atau chemistry dengan Yudo Margono.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Anggota Komisi I DPR: Calon KSAL Harus Miliki Chemistry dengan Laksamana Yudo Margono
istimewa
Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno menilai Calon KSAL nantinya harus memiliki kedekatan atau chemistry dengan Laksamana Yudo Margono. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kursi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) akan kosong setelah Laksamana Yudo Margono resmi menjadi Panglima TNI.

Anggota Komisi I DPR RI asal Fraksi Golkar Dave Akbarshah Fikarno menilai Calon KSAL nantinya harus memiliki kedekatan atau chemistry dengan Yudo Margono.

Hal itu agar visi misi Laksamana Yudo Margono dapat diimplementasikan secara baik di TNI AL serta proses membangun kekuatan matra laut dapat berjalan secara berkesinambungan.

"Chemistry calon KASAL sangat penting, apalagi Panglima TNI terpilih yaitu Laksamana Yudo Margono berasal dari matra laut. Kalau tidak nyambung, nanti bisa ganggu kinerja ke depannya," ujar Dave, Kamis, (8/12/2022).

Dave menjelaskan "chemistry" tersebut sangat penting karena Laksamana Yudo akan menjabat sebagai Panglima TNI sekitar satu tahun sehingga banyak program berkelanjutan yang harus dijalankan.

Baca juga: DPR Segera Gelar Paripurna Persetujuan Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Politikus Partai Golkar itu juga menilai, selain harus memiliki "chemistry", calon KSAL harus memiliki kesamaan visi misi dengan Panglima TNI terpilih.

Karena itu dia menganggap sangat penting calon KASAL harus memahami apa yang telah menjadi visi-misi Laksamana Yudo yang dipaparkan dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

Untuk diketahui Laksamana Yudo memaparkan visinya yaitu mewujudkan institusi TNI sebagai Patriot Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan memperkokoh tiga matra dalam menjaga kedaulatan negara.

Melalui vsi tersebut, Yudo ingin mewujudkan kekuatan TNI sebagai komponen pertahanan utama yang terdiri dari gabungan tri matra yang solid, kokoh, dan loyal pada NKRI.

Baca juga: Yudo Margono: Proklamirkan Negara Maritim, Keamanan Pelayaran Nasional-Internasional Harus Dijamin

Laksamana Yudo sudah menyebut bahwa posisi KASAL akan diduduki Pati TNI AL berpangkat bintang 3 atau Laksamana Madya yang kini jumlahnya ada lima orang. Namun Yudo enggan menyebut kelima nama tersebut.

Dari data yang dihimpun, ada beberapa Pati TNI AL berpangkat bintang tiga yang dinilai masyarakat memiliki kedekatan atau "chemistry" dengan Laksamana Yudo Margono.

Mereka antara lain Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono yang saat ini menjabat Wakil KASAL yang menemani Laksamana Yudo mengimplemetasikan visi-misi Presiden Jokowi, Laksamana Madya Amarulla Octavian saat ini menjabat Rektor Universitas Pertahanan, Laksamana Madya Nurhidayat yang menjabat Komandan Pushidrosal.

Baca juga: Calon Panglima TNI Yudo Margono Terima Ucapan Selamat dari 22 Kepala Staf Angkatan Laut Dunia

Selain itu Laksamana Madya Herru Kusmanto yang saat ini menjadi Pangkoarmada RI, Letnan Jenderal (Mar) Suhartono yang menjabat Komandan Kodiklatal, dan Laksamana Madya Harjo Susmoro saat ini menjadi Sekjen Dewan Ketahanan Nasional.

Laksamana Madya Aan Kurnia saat ini menjadi Kepala Bakamla, Laksamana Madya Muhammad Ali menjabat Pangkogabwilhan I, dan Letnan Jenderal (Mar) Bambang Suswantono yang saat ini menjadi Inspektorat Jenderal TNI.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas