Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Breaking News: Yudo Margono Resmi Disahkan Jadi Panglima TNI dalam Sidang Paripurna DPR

Yudo Margono resmi disahkan menjadi Panglima TNI melalui pengumuman di sidang paripurna DPR RI pada Selasa (13/12/2022).

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Breaking News: Yudo Margono Resmi Disahkan Jadi Panglima TNI dalam Sidang Paripurna DPR
YouTube DPR RI
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat pengumuman peresmian dirinya sebagai Panglima TNI dalam sidang paripurna DPR di Gedung Parlemen, Senayan pada Selasa (13/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono disahkan menjadi Panglima TNI lewat pengumuman oleh Ketua Komisi I, Meutya Hafid, di sidang paripurna DPR RI yang digelar di Gedung Parlemen, Senayan pada Selasa (13/12/2022).

Pada pengumuman itu, Meutya membeberkan hasil rapat internal terkait pergantian Panglima TNI.

Poin pertama, Komisi I menyetujui pemberhentian dengan hormat terhadap Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa serta memberikan apresiasi terhadap kinerjanya selama menjabat.

"Poin kedua, memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E, MM sebagai Panglima TNI," kata Meutya, dikutip dari YouTube DPR RI.

Sembari mengumumkan hasil keputusan rapat internal, riuh tepuk tangan pun terdengar termasuk Yudo Margono yang didampingi oleh beberapa anggota TNI lainnya.

Selain itu, Yudo juga memperlihatkan gestur terima kasih seusai pembacaan terkait pengesahan dirinya sebagai Panglima TNI.

Baca juga: DPR Gelar Rapat Paripurna Pengesahan Yudo Margono sebagai Panglima TNI Baru Hari Ini

Kemudian, rangkaian sidang pun berlanjut dengan pemberian selamat kepada Yudo Margono oleh anggota DPR usai dilantik serta berfoto bersama.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Yudo menyebutkan visi-misi saat dirinya resmi menjadi Panglima TNI dalam fit and proper test bersama Komisi I.

Diantaranya adalah soal profesionalisme, peremajaan alutsista, hingga sinergisitas antara Polri dan TNI.

Selain itu, ia juga berfokus agar prajurit TNI bersifat humanis kepada rakyat dan akan memberantas oknum yang dianggap menyakiti rakyat.

Kemudian rangkaian fit and proper test pun berlanjut dengan pendalaman visi-misi oleh anggota Komisi I dan digelar secara tertutup.

Setelah itu, tahapan dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah Yudo Margono di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Laksamana TNI Yudo Margono Bakal Perkuat Program Deradikalisasi, Respon Bom Bunuh Diri di Bandung

Dari rangkaian fit and proper test itu, Meutya mengumumkan hasi rapat internal bahwa Yudo layak untuk menjadi Panglima TNI terbaru menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

"Komisi I DPR RI memutuskan memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Meutya, di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Sebagai informasi, Yudo Margono disahkan menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto/Igman Ibrahim)

Artikel lain terkait Pergantian Panglima TNI

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas