Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polda Metro Jaya Melarang Masyarakat Lakukan Konvoi Kendaraan pada Malam Tahun Baru 2023

Kabid Humas Polda Metro Jaya menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mengizinkan apabila masyarakat melakukan konvoi saat malam tahun baru.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Polda Metro Jaya Melarang Masyarakat Lakukan Konvoi Kendaraan pada Malam Tahun Baru 2023
Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya melarang masyarakat melakukan konvoi di ruas jalan Ibu Kota saat perayaan malam tahun baru 2023 mendatang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mengizinkan apabila masyarakat melakukan konvoi saat malam tahun baru.




"Jangan, jangan lah kalau konvoi-konvoi," tegas Zulpan kepada wartawan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/12/2022).

Menurut Zulpan larangan masyarakat melakukan konvoi dijalan lantaran pihaknya berencana memberlakukan Car Free Night atau melarang kendaraan melintas di malam hari pada ruas Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman.

"Karena rencananya Sudirman-Thamrin akan ada Car Free Night. Jadi jangan kalau konvoi ya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan,  Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Kepolisian Terpusat atau Lilin Jaya 2022 jelang Natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Baca juga: Gelar Apel Siaga Kelistrikan Nataru, PLN Pastikan Kesiapan Sistem Tenaga Listrik di Indonesia

BERITA TERKAIT

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, dalam Operasi Lilin Jaya 2022 kali ini akan digelar selama 11 hari yakni 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.

"Kita akan mulai operasi lilin ini dari 23 (Desember) selama 11 hari sampai tanggal 2 Januari (2023)," papar Fadil dalam Rakor Lintas Sektoral Operasi Kepolisian Terpusat "Lilin Jaya 2022", Senin (19/12/2022).

Menurut Fadil, pasca melandainya angka penularan Covid-19 diprediksi Nataru 2023 kali ini akan menyedot antusias masyarakat cukup banyak.

Oleh karena itu dikatakan Fadil, pihaknya bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta dan unsur TNI akan mengantisipasi terjadinya potensi kamtibmas saat Nataru mendatang.

"Dengan strategi bergerak bersama bersinergi antar instansi salah satu Forkopimda DKI, saya yakin kesiapan Nataru ini akan lebih matang dan lebih siap kita hadapi bersama-sama," ucap Fadil Imran.

Meski baru akan digelar 23 Desember mendatang, Fadil menjelaskan pihaknya disebut sudah mulai bergerak mempersiapkan segala sesuatunya jelang perayaan tahunan tersebut.

"Para Kapolres, Dandim, jajaran Pemprov dan pemerintah di wilayah penyangga sudah melakukan pendataan, khususnya Gereja untuk kebaktian dan misa Natal," jelasnya.

Dalam Operasi Lilin kali ini, Kapolda pun menekankan kepada jajaranya untuk serius dalam pelaksanaanya kedepan terlebih di tengah aktivitas masyarakat yang sudah tinggi.

Ia pun meminta agar seluruh lokasi yang dipakai khususnya untuk perayaan Natal agar diperiksa ataupun di data dengan baik.

"Saya minta keseriusan dalam assesment di lokasi yang nantinya dijadikan tempat perayaan Natal dan tempat perayaan tahun baru," pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas