Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kartu Prakerja Berlanjut di 2023, Peserta Dapat Bantuan Rp4,2 Juta

Program Kartu Prakerja dipastikan berlanjut di tahun 2023 dengan besaran bantuan yang diterima senilai Rp4,2 juta per individu.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Kartu Prakerja Berlanjut di 2023, Peserta Dapat Bantuan Rp4,2 Juta
HO
Program Kartu Prakerja dipastikan akan berlanjut pada 2023 dengan besaran bantuannya Rp4,2 juta. 

TRIBUNNEWS.COM - Program Kartu Prakerja dipastikan akan dilanjutkan di tahun 2023.

Berbeda dari tahun sebelumnya, program Kartu Prakerja di 2023 akan lebih fokus pada bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja.

Bantuan berupa biaya pelatihan secara langsung kepada peserta dan insentif pasca-pelatihan dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling.

Program Kartu Prakerja tersebut akan diimplementasikan secara daring, luring, maupun bauran.

Selain itu, program ini memungkinkan bagi penerima bantuan sosial (bansos) dari kementerian/lembaga lainnya seperti bantuan yang disalurkan Kementerian Sosial, Bantuan Subsidi Upah (BSU), atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) untuk dapat menerima manfaat dari Kartu Prakerja.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Cipta Kerja dalam Rapat Komite Cipta Kerja.

Baca juga: Cerita Wisnu, Sukses Rintis Wirausaha Setelah Jalani Pelatihan Kartu Prakerja

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” kata Menko Ekon, Senin (03/10/2022), di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, dilansir setkab.go.id.

BERITA TERKAIT

Dalam rapat tersebut, para anggota komite sepakat untuk memulai skema normal pada tahun 2023 dan akan melanjutkan skema semi bantuan sosial hingga akhir kuartal IV-2022 dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif sama dengan sebelumnya.

“Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” ujar Airlangga.

Besaran Bantuan

Airlangga mengatakan, pada tahun 2023 pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta senilai Rp4,2 juta per individu.

Adapun rincian bantuan berupa biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali.

Peserta juga mendapatkan insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Mewakili Presiden Joko Widodo pada acara US-Indonesia Investment Summit 2022, Selasa (6/12), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keynote speech-nya secara daring.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keynote speech-nya secara daring. (Istimewa)

Seiring mulai pulihnya pandemi Covid-19 yang akan menjadi endemi, Komite Cipta Kerja diharapkan segera menjalankan Skema Normal dengan pelatihan offline yang merupakan desain awal Program Kartu Prakerja.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas