Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dalam Sidang Ricky Rizal, Ahli Pidana Singgung Kasus Pembunuhan Munir dan Kopi Sianida Mirna Salihin

Ahli Pidana Firman Wijaya turut menyinggung kasus tewasnya Munir dan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dalam sidang lanjutan tewasnya Brigadir J.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Dalam Sidang Ricky Rizal, Ahli Pidana Singgung Kasus Pembunuhan Munir dan Kopi Sianida Mirna Salihin
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Sidang lanjutan perkara dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J atas terdakwa Ricky Rizal Wibowo alias Bripka RR dengan agenda pemeriksaan ahli pidana untuk meringankan terdakwa di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (4/1/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ahli Pidana Firman Wijaya turut menyinggung kasus tewasnya aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib dan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dalam sidang lanjutan tewasnya Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Dalam sidang kali ini, Firman dihadirkan tim kuasa hukum terdakwa Ricky Rizal sebagai ahli meringankan.




Pernyataan itu, bermula saat tim kuasa hukum Ricky Rizal menanyakan perihal pasal 338, 340, dan 55 KUHP yang dijatuhkan jaksa penuntut umum (JPU) kepada kliennya.

Mereka menanyakan hal tersebut karena meyakini kalau Ricky Rizal tidak turut terlibat dalam penembakan.

"Kalau dia tidak berbuat atau taruhlah dia bingung tidak melakukan sesuatu, apakah ada akibat dilihat dari unsur-unsur yang ada dalam pasal-pasal itu?" tanya tim kuasa hukum Ricky Rizal dalam sidang Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Hakim Wahyu Santoso Cek Lokasi Brigadir J Tewas Ditembak di Rumah Ferdy Sambo

Dari situ, Firman menyebut, ketiga pasal yang dijatuhkan itu sejatinya harus didasari dulu pada sejumlah tolok ukur atau instrumen.

BERITA TERKAIT

Adapun yang dimaksud yakni, gerakan tubuh yang selaras dengan niat serta pemilihan tempat eksekusi.

"Dia ikut menentukan tujuannya, ya memilih tempat, sarana, memilih alatnya, termasuk mengendalikan. Sebab kalau kita hanya membaca 338, 340 seperti itu method of killing-nya tidak kelihatan. Maka harus bisa dideskripsikan secara logis," kata Firman.

Bermula dari situlah, Firman lantas menyinggung kasus pembunuhan dengan cara diracun yang menyebabkan Munir dan Wayan Mirna meninggal dunia.

Baca juga: Ada Mini Bar di Rumah Dinas Ferdy Sambo, Banyak Minuman Beralkohol Saat Hakim Lakukan Peninjauan

Kata dia, kasus Munir dan Mirna Salihin dapat dijadikan referensi dalam penerapan pasal terkait pembunuhan berencana tersebut.

"Termasuk kasus arsenik pada jeruk yang diberikan kepada almarhum Munir, itu kan arsenik, harus ada ya kan sebagai instrumen. Kira-kira itu contohnya, beberapa contoh kasus sianida misalnya itu sebenarnya kalau saya boleh saya katakan itu bisa menjadi putusan-putusan yang menjadi rujukan, sekalipun mungkin Yang Mulia punya pandangan yang lain terkait asas itu," kata Firman.

Untuk informasi, Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J menjadi korban pembunuhan berencana yang diotaki Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022 lalu.

Baca juga: Pengacara Ricky Rizal Sebut Tinjauan ke TKP Pembunuhan Brigadir J untuk Perkuat Keyakinan Hakim

Brigadir J tewas setelah dieksekusi di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas