Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arif Rahman Merasa Takut Bernasib Sama Seperti Brigadir J: Ajudan Saja Dia Bunuh, Gimana Saya

Arif Rahman Arifin mengaku memiliki tingkat ketakutan yang besar kepada mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Arif Rahman Merasa Takut Bernasib Sama Seperti Brigadir J: Ajudan Saja Dia Bunuh, Gimana Saya
Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha
Arif Rachman saat ditanya penasihat hukumnya di persidangan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdakwa kasus perintangan penyidikan atau obstraction of justice kasus tewasnya Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, Arif Rahman Arifin mengaku memiliki tingkat ketakutan yang besar kepada mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Hal itu diungkap oleh mantan Wakaden B Biro Paminal Polri tersebut saat diperdengarkan keterangannya sebagai terdakwa dalam sidang, Jumat (13/1/2023).

Mulanya, tim kuasa hukum mengonfirmasi soal adanya ancaman dan rasa takut yang dialami oleh Arif Rahman terkait dengan peristiwa yang menjeratnya.

"Saya disini melihat terdakwa bilang ada antara ancaman dan takut. 70 persen takut, ini kan dari jarak nonton (CCTV) itu kan agak lama ya. Ini apa yang membuat saudara gak mengatakan?" tanya tim kuasa hukum dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

"Takut. Saya kemarin saja pak hakim yang mulia," kata Arif Rahman dengan beberapa detik terdiam.

Mendengar keterangan itu, Ketua Majelis Makim Ahmad Suhel meminta kepada Arif Rahman untuk tetap berbicara terkait kejadian sesungguhnya dalam persidangan.

BERITA TERKAIT

Sebab sejauh ini, majelis hakim menilai keterangan dari Arif Rahman membuka seluruh hal yang diketahui, termasuk soal perkataan Ferdy Sambo kepada dirinya.

Baca juga: Beri Keterangan Berbeda dengan Ferdy Sambo, Arif Rachman Merasa Keluarganya Terancam

"Gini, saya mau beritahu saudara, kenapa saudara kami minta pertama, karena saya melihat kejujuran di saudara saya bisa memahami bagaimana perasaan saudara. Itu sebabnya ya, itu lah sebabnya biar perkara ini menjadi terbuka harapan kami begitu sebenarnya," kata Hakim Suhel.

"Itu sebabnya pada awal pertanyaan apa bantahan saudara terhafap FS. Itu kami minta kepada saudara untuk yang pertama kita periksa, silakan dibuka apa yang harus saudara buka di sini," sambungnya.

Mendengar keterangan itu, Arif Rahman menangis dan menyebut kalau dirinya sejauh ini merasa ketakutan dengan sosok Ferdy Sambo.

Tak hanya dia, sang istri juga sudah beberapa kali mengungkapkan rasa takut karena melihat tindakan Ferdy Sambo terhadap Brigadir J.

"Rasa takut itu besar yang mulia. kemarin ketika saya ceritakan beda dengan pak FS saja terus terang saya takut, istri saya sempat bilang 'ingat pak anak-anak', bayangkan ajudan aja bisa dibunuh. Gimana saya, gak kepikiran," kata Arif Rahman sambil menangis.

Dari situ, Arif mengungkap memiliki rasa takut yang lebih besar ketika ingin mengungkapkan keterangan yang berbeda dengan Ferdy Sambo.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas