Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Berduka Atas Meninggalnya Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa, Megawati Turut Bersedih

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan keluarga besar PDIP merasakan kehilangan dan bersedih atas meninggalnya M Prakosa.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in PDIP Berduka Atas Meninggalnya Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa, Megawati Turut Bersedih
Instagram @indonesiainrome
Duber RI untuk Italia M Prakosa yang meninggal dunia, Selasa (17/1/2023). Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan keluarga besar PDIP merasakan kehilangan dan bersedih atas meninggalnya M Prakosa. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menerima kabar duka cita dari Menlu RI Retno Marsudi, bahwa Muhammad Prakosa, Dubes RI Berkuasa Penuh untuk Italia telah dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan keluarga besar PDIP merasakan kehilangan dan bersedih atas berita duka cita tersebut.

"Kita kehilangan sosok yang rendah hati, jujur, dan menjadi keteladanan seluruh jajaran Partai," kata Hasto dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (17/1/2023).

Hasto pun mengajak kepada seluruh jajaran partai dan masyarakat Indonesia untuk mengirimkan doa untuk almarhum Muhammad Prakosa.

"Kita semua berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kasih, agar Alm. Pak Dubes Prakosa dilancarkan jalannya, diampuni segala dosanya, dan mendapat tempat terbaik di Sisi-Nya," ucap Hasto.

Baca juga: Duta Besar RI untuk Italia M Prakosa Meninggal Dunia, Pernah Jabat Menteri di Era Gus Dur

Hasto pun mengungkapkan sosok Prakosa di lingkungan partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

BERITA TERKAIT

Menurut Hasto, Prakosa membuktikan sosok kader yang loyal, berdedikasi, dan setia pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan PDI Perjuangan.

"Doa kita panjatkan juga untuk keluarga yang ditinggal, semoga mendapat kekuatan dan penghiburan," ungkap Hasto.

Politisi asal Yogyakarta ini juga telah melaporkan kabar duka tersebut kepada Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Profil Muhammad Prakosa, Dubes RI Untuk Italia yang Meninggal Hari Ini, Kakak Kelas Jokowi di UGM

"Beliau juga begitu bersedih. Tidak diduga berita duka itu datang secepat ini, mengingat tadi siang, Ibu Megawati baru saja membahas Pak Prakosa sambil menunjukkan pohon saninten kenang-kenangan dari Pak Prakosa yang tumbuh begitu subur di halaman rumah Beliau di Bali," ucap Hasto.

"Ibu Megawati langsung memberi arahan agar seluruh jajaran Partai memberikan penghormatan terbaik kepada Almarhum Pak Prakosa, dan Partai memberikan penghormatan khusus sesuai protokol Partai," jelasnya.

Lebih lanjut, guna melakukan koordinasi terkait hal tersebut, khususnya dengan Kementerian Luar Negeri dan juga dengan Menseskab, maka DPP Partai menugaskan Utut Adianto untuk berkoordinasi dengan Pemerintah, berkaitan dengan rencana pemulangan almarhum Muhammad Prakosa.

"Pak Ahmad Basarah juga ditugaskan untuk melakukan koordinasi dengan keluarga berkaitan dengan seluruh rencana pemakaman almarhum. Selanjutnya Partai memberikan dukungan penuh hingga selesainya seluruh rangkaian pemakaman almarhum sesuai protokol Partai," kata Hasto.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas