Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Komisi X DPR: Siapapun Ketua Umum PSSI Nanti, Saya Titip Penuntasan Tragedi Kanjuruhan

Syaiful Huda menilai bahwa siapa pun yang terpilih, PSSI ke depannya harus bertanggung jawab atas penyelesaian tragedi Kanjuruhan.

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Ketua Komisi X DPR: Siapapun Ketua Umum PSSI Nanti, Saya Titip Penuntasan Tragedi Kanjuruhan
SURYA/PURWANTO
Ribuan suporter Arema FC, Aremania melakukan konvoi dan memblokade pintu keluar jalan tol di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (8/12/2022). Aksi blokade pintu keluar tol dilakukan selama 135 menit sebagai bentuk protes terhadap aparat penegak hukum yang dinilai lambat dalam penanganan kasus Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang. Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menilai bahwa siapa pun yang terpilih Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ke depannya harus bertanggung jawab atas penyelesaian tragedi Kanjuruhan. SURYA/PURWANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menilai bahwa siapa pun yang terpilih Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ke depannya harus bertanggung jawab atas penyelesaian tragedi Kanjuruhan.

"Saya titip siapapun yang jadi ketum dan waketum PSSI terpilih kita titip agenda penuntasan tragedi Kanjuruhan," kata Huda kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Sebab, menurutnya tragedi yang terjadi pada 1 Oktober 2022 ini menyangkut soal kelalaian dan ketidakprofesionalan, sebagaimana bunyi rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Ribuan suporter Arema FC, Aremania Kidul Pasar melakukan aksi solidaritas Tragedi Kanjuruhan di pusat perbelanjaan Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022). Aremania menuntut percepatan kasus Tragedi Kanjuruhan serta menolak hasil autopsi dua korban meninggal dunia yang di lakukan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) Cabang Jawa Timur. SURYA/PURWANTO
Ribuan suporter Arema FC, Aremania Kidul Pasar melakukan aksi solidaritas Tragedi Kanjuruhan di pusat perbelanjaan Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022). Aremania menuntut percepatan kasus Tragedi Kanjuruhan serta menolak hasil autopsi dua korban meninggal dunia yang di lakukan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) Cabang Jawa Timur. SURYA/PURWANTO (SURYA/PURWANTO)




Huda berharap Ketum PSSI ke depan mampu membawa sepakbola nasional ke arah lebih baik, termasuk penyelenggaraannya.

"Ini harus jadi momentum perbaikan bagi masa depan sepakbola kita dan sekaligus momentum untuk menuntaskan berbagai persoalan yang menimpa kepada seluruh keluarga korban," kat Wasekjen PKB itu.

Huda juga menyoroti soal proses hukum tragedi Kanjuruhan yang sampai saat ini belum memenuhi aspek keadilan.

"Harus ada pertanggungjawaban dari beberapa pihak dan itu dirasa belum terjadi. Karena itu, Komisi X akan melakukan evaluasi dari pelaksanaan rekomendasi tim TGIPF," tandasnya.

BERITA TERKAIT

Berikut Lima Bakal Calon Ketum PSSI 2023-2027

1. AA Lanyalla Mahmud Mattalitti 

2. Arif Putra Wicaksono

3. Doni Setiabudi

4. Erick Thohir

5. Fary Djemy Francis

Ribuan suporter Arema FC, Aremania melakukan aksi solidaritas Tragedi Kanjuruhan di sepanjang Jalan Raya Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur Minggu (27/11/2022). Aremania menuntut percepatan kasus Tragedi Kanjuruhan dan pelanggaran HAM yang sangat berat dan patut dibawa ke Pengadilan HAM Internasional. Selain melayangkan tuntutan, mereka juga melakukan aksi teatrikal menggambarkan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang. Sejumlah titik di Malang Raya dijadikan aksi demo turun jalan serentak dengan mengusung tema Malang Black Sunday. SURYA/PURWANTO
Ribuan suporter Arema FC, Aremania melakukan aksi solidaritas Tragedi Kanjuruhan di sepanjang Jalan Raya Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur Minggu (27/11/2022). Aremania menuntut percepatan kasus Tragedi Kanjuruhan dan pelanggaran HAM yang sangat berat dan patut dibawa ke Pengadilan HAM Internasional. Selain melayangkan tuntutan, mereka juga melakukan aksi teatrikal menggambarkan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang. Sejumlah titik di Malang Raya dijadikan aksi demo turun jalan serentak dengan mengusung tema Malang Black Sunday. SURYA/PURWANTO (SURYA/PURWANTO)

Daftar Bakal Calon Waketum PSSI 2023-2027

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas