Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAL Laksamana M Ali Resmikan Markas Komando Kapal Selam di Surabaya

Kedua fasilitas tersebut akan digunakan untuk melatih guna menjamin keamanan dan keselamatan operasi para awak kapal selam.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in KSAL Laksamana M Ali Resmikan Markas Komando Kapal Selam di Surabaya
Dispenal
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan Mako Koopskasel dan Submarine Fire Damage Control Trainer (SFDCT) di Komando Latihan (Kolat) Koarmada II Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (19/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan Gedung Mako Komando Operasi Kapal Selam (Koopskasel) dan Gedung Submarine Fire Damage Control Trainer (SFDCT) Koarmada RI yang berlokasi di Kesatrian Koopskasel Koarmada II Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (19/1/2023).

Kedua fasilitas tersebut akan digunakan untuk melatih guna menjamin keamanan dan keselamatan operasi para awak kapal selam.

Ali mengatakan TNI AL akan terus melanjutkan upaya pemenuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh prajurit dan operasional organisasi di seluruh jajaran.

"Tidak lain dan tidak bukan hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme prajurit sesuai dengan visi saya yaitu mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional dan tangguh dilatarbelakangi kemajuan teknologi modern," kata Ali dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Jumat (20/1/2023).

Ali menyampaikan bahwa dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Koopskasel secara berkesinambungan, diperlukan adanya Markas Komando Koopskasel sebagai sarana pelaksanaan Kodal maupun fungsi administrasi.

Ia berharap dengan adanya Mako Koopskasel dan fasilitas simulator kapal selam tersebut akan meningkatkan profesionalisme dan kemampuan para prajurit Hiu Kencana.

BERITA TERKAIT

Dengan demikian prajurit Hiu Kencana mampu menjawab tuntutan tugas di masa mendatang baik individu maupun teamwork.

Dengan kemampuan yang semakin terasah dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada, kata Ali, maka pencapaian peningkatan profesionalisme prajurit bisa tercapai.

Baca juga: KSAL Laksamana Muhammad Ali Kukuhkan Pesawat dan Helikopter Latih Baru untuk Puspenerbal

Mako Koopskasel merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi Koarmada RI dalam melaksanakan pengendalian operasi kapal selam secara efektif dan efisien.

Selain itu juga sebagai sarana untuk memfasilitasi pelatihan awak kapal selam yang sedang tidak melaksanakan tugas operasi

Tidak hanya itu Mako tersebut juga bertugas menjamin keamanan dan keselamatan operasi Kapal Selam.

Sementara Fasilitas Submarine Fire Damage Control Trainer (SFDCT) berfungsi sebagai tempat untuk menyelenggarakan latihan dan kursus bagi awak Kapal Selam untuk memelihara dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam mencegah dan menanggulangi kondisi kedaruratan di kapal selam serta penyelamatan personil.

Fasilitas tersebut dibangun untuk melengkapi beberapa fasilitas yang telah dimiliki sebelumnya, yakni Submarine Control Simulator (SCS), Submarine Command Team Trainer (SCTT) dan Submarine Sonar Simulator (SSS).

Selain itu TNI AL juga akan melengkapi dengan Submarine Motor Propulsion Control Simulator (SMPCS), Submarine Escape Tank Trainer (SETT), dan Submarine Bridge Simulator (SBS).

Peralatan tersebut diharapkan menjadi fasilitas yang dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL menjadi profesional, modern, dan tangguh untuk pencapaian kekuatan yang memiliki kesiagaan dan kesiapan operasional yang tinggi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas