Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tampung Ratusan Ribu Orang, Tenda-tenda Berdiri di Stadion dan Pusat Kota yang Hancur karena Gempa

Tenda-tenda didirikan di stadion dan pusat kota yang hancur untuk menampung ratusan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa dahsyat.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Tampung Ratusan Ribu Orang, Tenda-tenda Berdiri di Stadion dan Pusat Kota yang Hancur karena Gempa
Twitter Alkhitmad Fondation
Warga dan petugas saat mengevakuasi korban dari reruntuhan gempa dahsyat yang mengguncang Turki 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, ANKARA - Tenda-tenda didirikan di stadion dan pusat kota yang hancur untuk menampung ratusan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang Turki dan Suriah.

Sementara itu, resor pantai Mediterania dan Aegean di luar zona gempa, kini membuka kamar hotel untuk para pengungsi.

Dengan sekitar 6.500 bangunan runtuh dan banyak pula yang mengalami kerusakan, ratusan ribu orang pun kekurangan tempat tinggal yang aman.

Dikutip dari laman The Guardian, Jumat (10/2/2023), pengungsi Suriah Bahjat Selo yang berusia 62 tahun dan keluarganya telah berkemah di dekat rumah cinderblock mereka yang telah bergelombang di provinsi Kahramanmaras, sejak gempa menciptakan retakan pada dindingnya.

"Terlalu berbahaya berada di dalam. Ketika kami masuk untuk mengambil sesuatu, kami masuk seperti pencuri. Kami menghabiskan empat tahun di kamp pengungsian dan ini lebih sulit, sangat gelap," kata Selo.

Selanjutnya, di tenda yang didirikan di stadion Kahramanmaras, terlihat antrean panjang penduduk yang basah kuyup.

BERITA TERKAIT

Mereka mengantre untuk menerima kebab yang mengepul dan memasukkannya dalam kantong pakaian hangat yang disumbangkan.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki menghitung bahwa sejauh ini lebih dari 28.000 orang tunawisma telah dibawa keluar dari zona gempa, dengan hampir 5.000 pergi melalui jalan darat dan lebih dari 23.000 menggunakan pesawat.

Federasi Perhotelan Turki mengatakan bahwa ribuan kamar telah dialokasikan di resor yang terletak di Antalya, Alanya, Marmaris, Fethiye, Bodrum serta İzmir dan Cappadocia.

Kepala Asosiasi Manajer Hotel Profesional, Ulkay Atmaca mengatakan bahwa 15.729 orang telah ditampung di wisma negara, asrama mahasiswa dan hotel.

Sedangkan khusus di Antalya saja, ada 11.165 pengungsi yang berada di hotel.

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter ini berpusat di tenggara Turki, tepatnya di provinsi Kahramanmaras pada Senin pagi, pukul 04.17 waktu setempat.

Perlu diketahui, Turki dan Suriah merupakan negara tetangga, sedangkan pusat gempa yakni di Kahramanmaras berada di perbatasan kedua negara.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun telah melakukan komunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras dan menyampaikan duka cita kepada masyarakat terdampak.

Tim SAR juga telah dikerahkan dari seluruh penjuru Turki.

Baca juga: Pastikan Kebutuhan Korban Gempa, PBB akan Kunjungi Turki dan Suriah Akhir Pekan Ini

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menegaskan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat bagi masyarakat terdampak.

Sumber

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas