Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banyak Negara-negara Timur Tengah Bersatu Dukung Lebanon  dalam Menghadapi Serangan Teror Israel

Beberapa negara di Asia Barat bersatu untuk membantu Lebanon dengan bantuan medis menyusul serangan teror mematikan Israel

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Banyak Negara-negara Timur Tengah Bersatu Dukung Lebanon  dalam Menghadapi Serangan Teror Israel
Houssam Shbaro / ANADOLU / Anadolu via AFP
BEIRUT, LEBANON - 17 SEPTEMBER: Ambulans dikirim ke daerah di Beirut, Lebanon sementara pasukan keamanan mengambil tindakan pencegahan setelah sedikitnya delapan orang, termasuk seorang anak, tewas dalam ledakan massal perangkat komunikasi nirkabel yang dikenal sebagai pager pada 17 September 2024. Sekitar 2.800 orang lainnya juga terluka, termasuk 200 orang dalam kondisi kritis. 

Banyak Negara-negara Timur Tengah Bersatu Dukung Lebanon  dalam Menghadapi Serangan Teror Israel

TRIBUNNEWS.COM- Banyak negara di Asia Barat bersatu mendukung Lebanon setelah serangan teror Israel.

Iran, Irak, dan Yordania telah mengirimkan tenaga medis, pasokan, bantuan pangan, dan tim penyelamat untuk membantu menangani dampak serangan pager mematikan Israel yang terjadi di Lebanon.

Beberapa negara di Asia Barat bersatu untuk membantu Lebanon dengan bantuan medis menyusul serangan teror mematikan Israel yang melibatkan peledakan perangkat pager di seluruh negeri. 

Bulan Sabit Merah Iran mengatakan pada tanggal 18 September bahwa mereka telah mengirim “tim penyelamat dan ahli bedah mata” ke Lebanon setelah serangan Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya dan membabi buta. 

Duta Besar Teheran untuk Lebanon, Mojtaba Amani, terluka ketika Israel meledakkan perangkat komunikasi yang direkayasa pada hari Selasa. 

Kedutaan Besar Iran di Beirut membantah laporan media barat bahwa Amani kehilangan penglihatannya dalam serangan itu dan mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa ia "menerima perawatan medis yang baik."

BERITA TERKAIT

Sebuah jet angkatan udara Yordania berangkat ke Lebanon pada hari Rabu, membawa serta bantuan makanan, pasokan medis, dan bahan-bahan bantuan bagi sektor perawatan kesehatan Lebanon untuk pulih dari serangan teror Israel

Angkatan Udara Yordania mengatakan, "Sikap ini mencerminkan ikatan persaudaraan yang erat antara kedua negara dan menegaskan komitmen Kerajaan Yordania untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada saudara-saudaranya di Lebanon di masa-masa yang penuh tantangan ini." 

Pemerintah Irak juga mengumumkan pihaknya mengirimkan bantuan untuk membantu Lebanon mengatasi dampak serangan tersebut. 

Lima belas ton obat-obatan dan perlengkapan medis dikirim oleh Irak, serta tim pekerja medis Irak, Kementerian Kesehatan Baghdad mengumumkan. 

Menteri luar negeri Mesir mengatakan kepada mitranya dari Lebanon melalui panggilan telepon bahwa Kairo siap mengirimkan bantuan apa pun yang diperlukan untuk menangani situasi tersebut.

Pager mulai meledak pada pukul 3:30 siang tanggal 17 September di berbagai wilayah di Lebanon, termasuk pinggiran selatan Beirut, wilayah selatan negara itu, dan lembah Beqaa di bagian timur. 

Sepuluh orang tewas, termasuk seorang gadis berusia 10 tahun dan seorang anak laki-laki, dan lebih dari 2.700 orang terluka .

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas