Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Berkabut, Tim SAR Hentikan Proses Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci

Tim SAR Gabungan terpaksa menghentikan sementara proses evakuasi melalui jalur udara terhadap rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono karena kenda

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Cuaca Berkabut, Tim SAR Hentikan Proses Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci
Istimewa
Personel Basarnas Jambi dikerahkan untuk melakukan evakuasi rombongan Kapolda Jambi yang mengalami insiden helikopter di Hutan Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi pada Minggu (19/2/2023) pukul 13.00 WIB. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim SAR Gabungan terpaksa menghentikan sementara proses evakuasi melalui jalur udara terhadap rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono karena kendala cuaca yang terjadi di sekitar lokasi pendaratan daruat Helikopter di area hutan Gunung Kerinci.

Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis menjelaskan, dihentikannya sementara proses evakuasi itu terjadi pada pukul 17.30 WIB lantaran cuaca di sekitar lokasi berkabut.




"Sehingga helikopter milik Basarnas dan Puma TNI AU kembali ke Bandara Sultan Thaha," ucap Kornelis dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Lanjutnya, adapun proses evakuasi itu akan kembali dilakukan kemungkinanan pada esok pagi dengan menggunakan tujuh helikopter di antaranya milik Basarnas, TNI AU, Baharkam Polri, Polda Sumsel, dan Sinar Mas.

"Semoga cuaca besok pagi di sekitar lokasi cerah dan seluruh korban dapat segera di evakuasi," katanya.

Baca juga: Kapolda Jambi Mengalami Luka Cukup Berat, Kadiv Humas Polri Sebut Masih Dalam Perawatan Tim Medis

Sebelumnya diberitakan, Mabes Polri mengungkap kendala dalam proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dari hutan Gunung Kerinci.

BERITA TERKAIT

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kendala yang saat ini dihadapi tim evakuasi adalah cuaca yang kerap tak bisa diprediksi.

Karena itu, proses evakuasi melalui jalur udara pada sore hari ini pun terpaksa dihentikan lantaran cuaca yang tidak memungkinkan.

Baca juga: Kapolda Jambi Mengalami Luka Cukup Berat, Kadiv Humas Polri Sebut Masih Dalam Perawatan Tim Medis

"Karena cuaca ketika sudah angin kemudian berkabut bahkan ada petir maka proses evakuasi dihentikan sampai sore hari ini," ucap Dedi dalam konferensi pers, Senin (20/2/2023).

"Memang proses evakuasi khusus yang melalui jalur udara kita hentikan dulu karena sangat-sangat bergantung pada cuaca," sambungnya.

Kendati demikian, Dedi menjelaskan Tim SAR akan kembali melanjutkan proses evakuasi itu setelah kondisi cuaca di sekitar lokasi membaik.

Ia menuturkan, berdasarkan informasi dari Tim SAR yang bertugas di lokasi bahwa proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi itu hanya bisa dilakukan sampai pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Evakuasi Kapolda Jambi Terkendala Cuaca, Kemungkinan Irjen Rusdi Hartono Kembali Bermalam di Hutan

Hal itu juga berdasarkan hasil pengamatan cuaca oleh pihak BMKG guna menjaga keselamatan seluruh kru tim evakuasi.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas