Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Usai Tinjau Proyek KIPI dan PLTA Mentarang Induk, Jokowi Kembali ke Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ke Jakarta usai kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Kalimantan Utara, pada 28 Februari-1 Maret 2023

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Usai Tinjau Proyek KIPI dan PLTA Mentarang Induk, Jokowi Kembali ke Jakarta
Foto: Sekretariat Presiden
Usai Tinjau Proyek KIPI dan PLTA Mentarang Induk, Jokowi Kembali ke Jakarta 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ke Jakarta usai kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Kalimantan Utara, pada 28 Februari-1 Maret 2023.

Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo bertolak kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, sekira pukul 11.30 WITA, pada Rabu, (1/3/2023).

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana adalah Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya, Wali Kota Tarakan Khairul, Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Deni Herman, serta Danlanud Anang Busra Kolonel Pnb Bambang Sudewo.




Sebelumnya Presiden meninjau Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Selasa, (28/2/2023).

Usai peninjauan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kawasan tersebut merupakan kawasan industri hijau terbesar di dunia yang mampu menjadi masa depan Indonesia dalam pembangunan industri energi hijau (green energy).

“Ini adalah green industrial park yang terbesar di dunia dan inilah masa depan Indonesia. masa depan Indonesia ada di sini kalau ini terealisasi dengan baik,” kata Jokowi.

Presiden yakin investor yang berkaitan dengan green produk akan berbondong-bondong ke kawasan industri tersebut bila telah jadi nantinya.

BERITA TERKAIT

“Pasti akan menengok Ke kawasan ini,” katanya.

Setelah itu Presiden meresmikan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara pada Rabu (1/3/2023).

Presiden mengatakan bahwa PLTA tersebut nantinya akan terintegrasi dengan kawasan industri hijau Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Baca juga: Jokowi: PLTA Mentarang Induk akan Terintegrasi dengan Kalimantan Industrial Park Indonesia

“Ini adalah PLTA yang terintegrasi dengan kawasan industri hijau di KIPI. Ini (PLTA) Malinau, KIPI ada di Kabupaten Bulungan yang nantinya produk-produk yang dihasilkan karena energinya hijau produk-produk yang dihasilkan nanti di Bulungan di KIPI untuk produk-produk hijau. Produk-produk yang emisi karbonnya rendah, yang memiliki harga yang premium tapi kompetitif karena energinya dari energi hijau dari sungai Mentarang di Kabupaten Malinau,” kata Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas