Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiba di Jakarta, Pesawat Super Hercules C-130 J Baru TNI AU Disambut Water Salute

Pesawat baru Super Hercules C-130 J-30 milik TNI AU yang dipesan dari pabrikan pesawat Lockheed Martin Amerika Serikat tiba di Jakarta.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Tiba di Jakarta, Pesawat Super Hercules C-130 J Baru TNI AU Disambut Water Salute
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Pesawat baru Super Hercules C-130 J-30 dengan nomor ekor A-1339 milik TNI AU yang dipesan Kementerian Pertananan dari pabrikan pesawat Lockheed Martin Amerika Serikat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Senin (6/3/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pesawat baru Super Hercules C-130 J-30 dengan nomor ekor A-1339 milik TNI AU yang dipesan Kementerian Pertananan dari pabrikan pesawat Lockheed Martin Amerika Serikat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Senin (6/3/2023).

Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma sekira pukul 13.10 WIB, pesawat yang dikemudikan pilot dari Lockheed Martin disertai dua pilot TNI AU tersebut disambut water salute.

Water salute sendiri merupakan tradisi penyambutan pesawat di mana pesawat tersebut disemprotkan air dari mobil pemadam kebakaran.

Pesawat tersebut sebelumnya telah menempuh penerbangan selama 34 jam yang diawali pada 28 Februari sampai dengan 6 Maret 2023.

Pesawat tersebut menempuh rute Marietta-Monterey-Honolulu-Kwajalein-Guam-Halim Perdanakusuma Jakarta.

Baca juga: Sekjen Kemhan dan KSAU Tinjau Langsung Hercules C-130J Baru yang Bakal Dikirim dari AS Pekan Depan

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI A Gustaf Brugman mengatakan pesawat tersebut merupakan pesawat pertama dari lima unit yang dipesan Kemenhan RI untuk TNI AU.

BERITA TERKAIT

"Pesawat ini bagian dari pengadaan dari pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan di mana berkontrak di bulan Juli tahun 2021 dan sekarang terealisasi," kata dia di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Senin (6/3/2023).

Super Hercules  C-130 J-30 baru
Pesawat baru Super Hercules C-130 J-30 dengan nomor ekor A-1339 milik TNI AU yang dipesan Kementerian Pertananan dari pabrikan pesawat Lockheed Martin Amerika Serikat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Senin (6/3/2023).

"Rencananya sampai akhir tahun itu akan datang empat pesawat dan di awal tahun 2024 satu pesawat, jadi kita berkontrak pengadaan lima pesawat C-130 tipe J Desk 30," sambung dia.

Baca juga: TNI AU Kerahkan Pesawat Boeing dan Hercules Angkut Bantuan untuk Korban Gempa Turki

Ia mengatakan pesawat tersebut dan empat pesawat lainnya nantinya akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

"Pesawat ini nantinya semuanya akan ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusuma menjadi Skuadron 31," ujar dia.

Rencananya akan dilakukan penyerahan pesawat tersebut secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo atau Menhan Prabowo Subianto kepada TNI AU pada Rabu 8 Maret 2023 mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas