Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Studi SMRC Soal Polarisasi Ideologi Ekonomi: Masyarakat Ingin Negara Lebih Banyak Berperan

Pendiri SMRC Saiful Mujani menjelaskan pada masyarakat di negara-negara seperti Amerika Serikat atau Eropa Barat terjadi perdebatan antara dua kelompo

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Studi SMRC Soal Polarisasi Ideologi Ekonomi: Masyarakat Ingin Negara Lebih Banyak Berperan
Tangkapan Layar
Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode “Polarisasi di Pilpres 2024? (bagian 2)” di kanal Youtube SMRC TV pada Kamis (23/3/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Studi Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang ideologi pemilih soal kesejahteraan menunjukkan secara umum masyarakat ingin negara lebih banyak berperan untuk kesejahteraan.

Pendiri SMRC Saiful Mujani menjelaskan pada masyarakat di negara-negara seperti Amerika Serikat atau Eropa Barat terjadi perdebatan antara dua kelompok ideologi.

Kelompok pertama, adalah mereka yang menginginkan peran negara lebih besar untuk menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang berkembang di masyarakat.

Kelompok kedua, mereka lebih percaya masyarakat sendiri yang dapat menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mereka hadapi.

Di Eropa, kata dia, kelompok pertama disebut sosialis dan kelompok kedua disebut liberal.

Di AS, kata dia, kelompok pertama disebut kiri atau liberal sedangkan kelompok kedua disebut kanan atau konservatif.

Menurut Saiful perdebatan tentang ideologi ekonomi tersebut juga mungkin relevan di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Namun yang lebih penting, menurut dia, adalah apakah perbedaan ideologi tersebut akan membuat masyarakat terbelah atau tidak.

Hal tersebut disampaikannya dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Polarisasi di Pilpres 2024? (bagian 2)” di kanal Youtube SMRC TV pada Kamis (23/3/2023).

"Setelah kita teliti semua, kita menemukan kecenderungannya memang, masyarakat kita inginnya peran negara lebih besar. Rata-ratanya skornya adalah 4,3," kata Saiful.

"Itu artinya secara umum menginginkan negara lebih banyak berperan untuk kesejahteraan masyarakat. Jadi cukup kiri kalau menggunakan istilah di Amerika. Atau cukup sosialis masyarakat kita kalau ini di Eropa. Itu keadaannya," sambung dia.

Namun demikian, kata dia, menurutnya gambaran pada studi tersebut tidak menunjukkan adanya polarisasi.

Kurva yang ditunjukan dalam studi tersebut, kata dia, mencerminkan kurva moderat.

"Di satu sisi, masyarakat ingin agar bisa berusaha sendiri, tapi di sisi lain juga tetap menganggap penting peran negara, karena kenyataannya banyak masyarakat yang membutuhkan peran atau bantuan negara," kata dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas