Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: FIFA Tahu Adanya Penolakan Keikutsertaan Timnas Israel di Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan saat ini FIFA telah mengatahui adanya penolakan keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U20.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jokowi: FIFA Tahu Adanya Penolakan Keikutsertaan Timnas Israel di Indonesia
YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers terkait Piala Dunia U-20 di Istana Merdeka, Selasa (28/3/2023). Presiden mengatakan saat ini FIFA telah mengatahui adanya penolakan keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U20. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan saat ini FIFA telah mengatahui adanya penolakan keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U20.

Indonesia, kata Presiden Jokowi masih berupaya agar tetap bisa menggelar Piala Dunia U20.

“Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di piala dunia U-20. Tapi kita baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik,” kata Jokowi dalam pernyataan persnya, Selasa (28/3/2023).

Terkait penolakan keikutsertaan Timnas Israel, Presiden Jokowi meminta jangan mencampur adukan urusan olahraga dengan urusan politik.

Jokowi menjamin keikutsertaan Israel pada Piala Dunia tidak ada kaitannya dengan sikap konsisten politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Dukungan Indonesia terhadap Palestina, kata Jokowi selalu kuat.

BERITA REKOMENDASI

“Dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya,” katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi Turun Tangan, Jamin Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U20

Jokowi mengatakan prinsip Indonesia selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution antara negara Israel dengan negara Palestina. Hal itu sesuai dengan konstitusi Indonesia.

“Menolak Penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral maupun forum internasional lainnya,” kata Jokowi.

Presiden menjelaskan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Paiala Dunia U-20 melalui proses biding dan seleksi panjang.

Indonesia menyisihkan dua negara lain yang masuk dalam kandidat tuan rumah yakni Brazil dan Peru.

Baca juga: Soal Polemik Timnas Israel Berlaga di Piala Dunia U-20 Indonesia, Ini Kata Ketua Umum Partai Golkar

Terpilihnya Indonesia kata Jokowi merupakan hasil kerja keras semua pihak. Indonesia merasa terhormat dipercaya FIFA menjadi tuan rumah pesta olahraga yang digemari mayoritas penduduk dunia tersebut.

“Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20. Penyelenggaraan event olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia,” katanya.

Baca juga: Ganjar Tolak Timnas Israel, Ganjarist Singgung Peran PSSI dan FIFA sebagai Pengambil Keputusan

Saat terpilih menjadi tuan rumah, kata Jokowi, Indonesia belum mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses pra kualifikasi. Kepastian Timnas Israel lolos seleksi piala dunia U-20 baru diketahui pada bulan Juli 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas