Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Suganda Pasaribu Paparkan 5 Hal yang Bakal Dikerjakan Usai Dilantik Sebagai Pj Gubernur Babel

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Suganda Pandapotan Pasaribu sebagai Pj Gubernur Bangka Belitung.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Suganda Pasaribu Paparkan 5 Hal yang Bakal Dikerjakan Usai Dilantik Sebagai Pj Gubernur Babel
Tribunnews.com/Reza Deni
Pj Gubernur Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu usai pelantikan di Kemendagri, Jakarta, Jumat (31/3/2023) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, menjelaskan bahwa ada lima program yang akan dijalankannya setelah dirinya resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Kelima program itu diantaranya menyangkut penanganan stunting, angka kemiskinan, inflasi, hingga penerapan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

"Ini juga sesuai apa yang diarahkan Presiden dan juga tadi dari Pak Mendagri. Yang pertama tentunya untuk menurunkan angka stunting ya sebagaimana data yang ada di Babel kita tahu stunting di tahun 2021 saat itu sekitar 18,6 persen dan di tahun 2022 18,5 persen. Nah ini kita harapkan menurun dan menurunnya bisa di bawah dua digit, nah ini kita harapkan tentunya program-program yang bisa menukik kepada masyarakat," kata Suganda di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Dilantik Jadi Pj Gubernur Bangka Belitung, Suganda Pasaribu Tetap Jabat Sekjen Ombudsman

Kemudian yang kedua, Suganda menjelaskan soal arahan Tito mengenai penurunan angka kemiskinan.

"Terutama kemiskinan ekstrem ya jadi kita lihat ini merupakan program nasional dan tentunya babel harus menekan angka kemiskinan itu paling tidak tidak tertinggi ya, menengah ya kalau bisa kita menekan sampai level yang paling wajar untuk sebuah provinsi," kata Suganda.

Tugas ketiga yang hendak dijalankan Suganda yakni soal inflasi.

BERITA TERKAIT

Menurut Suganda, Babel kini sudah berhasil mengatasi inflasi

"Jadi kami mungkin belajar dengan Pak Pj (sebelumnya) bagaimana ini bisa dipertahankan dan bisa lebih baik lagi penanganan inflasi," katanya.

Selain itu, Suganda juga memastikan program-program gubernur dan Pj gubernur sebelumnya bakal diteruskan

"Program-program strategis tentunya bisa kita kembangkan ke depan itu juga menjadi salah satu program prioritas yang akan saya lakukan selama saya menjadi Pj," katanya.

Yang kelima, Suganda mengatakan bahwa dirinya bakal memastikan pemerintahan Babel dikelola dengan baik.

"Good governance dan clean government ini mensinergikan baik di internal pemerintahan Babel maupun bersama Forkopimda dan juga tentunya bersama semua stakeholder dan tokoh masyarakat yang ada ini nanti ke depan harus disamakan. Jadi Babel harus menjadi salah satu pemerintahan dengan tata kelola yang baik, ini harapan saya, itu mungkin lima program yang akan saya lakukan selama menjabat," katanya

"Dan tak kalah penting mempersiapkan dalam rangka pemilihan umum ya baik itu Pilpres, Pileg, maupun Pilkada nantinya, memang seorang gubernur tidak bisa bekerja sendiri, gubernur harus bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak, dan tentunya dengan kolaborasi semua pihak tak ada yang tak mungkin," tandasny

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas