Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Jokowi: Ya, Memang Sudah Jadi Kehendak Allah

Jokowi menegaskan batalnya Piala Dunia U20 digelar di Indonesia adalah kehendak dari Tuhan YME. Sehingga hal ini bisa menjadi pelajaran.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Jokowi: Ya, Memang Sudah Jadi Kehendak Allah
YouTube Kompas TV
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan di acara Silaturahmi Ramadan DPP PAN 2023 di Jakarta pada Minggu (2/4/2023). Jokowi menegaskan batalnya Piala Dunia U20 digelar di Indonesia adalah kehendak dari Tuhan YME. Sehingga hal ini bisa menjadi pelajaran. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Sehingga, Jokowi mengatakan peristiwa ini dapat menjadi pembelajaran Indonesia dalam dunia sepakbola.

"Ya memang itu sudah menjadi kehendak Allah. Kita terima menjadi sebuah pembelajaran ke depan agar tidak terjadi lagi. Itu saja yang bisa kita ambil dari urusan bola," ujarnya dalam sambutan di acara Silaturahmi Ramadan DPP PAN yang digelar di Jakarta, Minggu (2/4/2023) dikutip dari YouTube Kompas TV.

Di sisi lain, Jokowi mengaku dibuat pusing selama dua minggu terkait penyelenggaran Piala Dunia U20 2023.

Dirinya mengungkapkan untuk ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 bukan menjadi hal yang mudah.

Baca juga: Batal Ikut Piala Dunia U20, Shin Tae-yong Beri Pesan Haru sebelum Bubarkan Timnas U20 Indonesia

Jokowi mengatakan puluhan negara juga turut mengajukan sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 ke FIFA.

"Yang mengajukan bukan satu, dua, tiga (negara). Puluhan negara yang mengajukan. Kita juga mengajukan. Lobi sana lobi sini, menyampaikan kesiapan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas kita."

BERITA REKOMENDASI

"Dan akhirnya tiga negara (kandidat) dan kita dipilih," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku persiapan menyambut Piala Dunia U20 telah dilakukan selama tiga tahun.

Kemudian, Jokowi juga menjelaskan saat resmi ditunjuk, ada countryhouse guarantee yang ditandatangi terkait komitmen sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

"Kemudian juga provinsi maupun kota yang ditunjuk, itu juga ada tanda tangan juga (bernama) cityhouse commitment. (Kepala daerah) tanda tangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi kembali menegaskan bahwa mengurusi polemik tuan rumah Piala Dunia U20 benar-benar menyita pikirannya.

"Tapi aduh, pusing-pusing betul mengurus bola itu, pusing," katanya.

Jokowi Sambangi GBK, Beri Semangat Timnas U20

Presiden Jokowi menemui pemain dan ofisial Timnas U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Presiden Jokowi menemui pemain Timnas U-20 untuk memberikan semangat serta meminta agar mereka tidak larut dalam kekecewan setelah FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. BPMI/KRIS
Presiden Jokowi menemui pemain dan ofisial Timnas U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Presiden Jokowi menemui pemain Timnas U-20 untuk memberikan semangat serta meminta agar mereka tidak larut dalam kekecewan setelah FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. BPMI/KRIS (BPMI/KRIS)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas