Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cegah Ideologi Terorisme, Kepala BNPT Tempatkan Penegakan Hukum Sebagai Opsi Terakhir

Kepala BNPT akan mengedepankan pencegahan ideologi terorisme dengan mengedepankan upaya pada bidang edukasi pendidikan dan kesejahteraan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Cegah Ideologi Terorisme, Kepala BNPT Tempatkan Penegakan Hukum Sebagai Opsi Terakhir
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada Senin (3/4/2023).

Rycko mengatakan dirinya akan mengedepankan pencegahan ideologi terorisme dengan mengedepankan upaya pada bidang edukasi pendidikan dan kesejahteraan.




Sedangkan penegakan hukum akan ditempatkan sebagai ultimum remedium, atau pilihan paling terakhir.

"Kita akan melakukan kerja sama baik dalam dan luar negeri terutama mengedepankan upaya pencegahan menggunakan sentuhan daripada hati, pencegahan yang lebih mengedepankan upaya bidang edukasi pendidikan dan kesejahteraan," kata Rycko dalam konferensi pers seperti ditayangkan Kompas TV, Senin (3/4/2023).

"Namun demikian penindakan hukum akan ditempatkan sebagai ultimum remidium, pilihan terakhir dalam melakukan upaya penanggulangan ideologi terorisme," lanjutnya.

Pendekatan lunak tersebut, lanjutnya, juga akan digunakan mengoptimalkan upaya deradikalisasi. BNPT nantinya juga akan bekerja sama dengan mitra dalam dan luar negeri perihal upaya pencegahan terorisme tersebut.

BERITA TERKAIT

"Kita akan melakukan kerja sama baik di dalam negeri maupun di luar negeri terutamanya dengan mengedepankan upaya-upaya pencegahan," ungkap dia.

Sebagai informasi, Rycko Amelza sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Baca juga: Pesan Jokowi Kepada Komjen Rycko Amelza Selaku Kepala BNPT Baru

Lulusan terbaik Akpol 1988 ini mendapat kenaikan pangkat luar biasa setelah turut serta melumpuhkan gembong teroris Dr. Azhari di Batu, Jawa Timur pada tahun 2005 silam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas