Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kelompok Teroris Jaringan JI di Lampung Rencanakan Serangan ke Anggota Polri

(Densus) 88 Antiteror Polri menyebut enam teroris jaringan Jamaah Islamiyah yang ditangkap di kawasan Lampung ternyata sudah merencanakan amaliyah

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kelompok Teroris Jaringan JI di Lampung Rencanakan Serangan ke Anggota Polri
Ist via Tribun Lampung, SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Penangkapan terduga teroris di Dusun III Kampung Sendangbaru, Kecamatan Sendang Agung, Lampung Tengah, Rabu (12/4/2023) (kiri) dan ilustrasi Densus 88 Anti Teror (kanan). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyebut enam teroris jaringan Jamaah Islamiyah yang ditangkap di kawasan Lampung ternyata sudah merencanakan amaliyah atau serangan.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan serangan itu dilakukan dengan target anggota polisi.

"Jadi kebanyakan dari kelompok ini merencanakan amaliah ke kelompok atau ke petugas polisi," ujar Aswin kepada wartawan di Mabes Polri Jakarta, Kamis (13/4/2023).




Aswin menjelaskan penangkapan itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah adanya tindakan teror yang dilakukan kelompok tersebut.

Meski begitu, Aswin tidak merinci secara detil terkait rencana amaliyah dari kelompok tersebut.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebut pihaknya saat ini masih melakukan pengembangan terkait pengungkapan tersebut.

"Kami sampaikan bahwa petugas densus tidak akan berhenti dalam melakukan tindakan pencegahan maupun penindakan dalam memberantas terorisme di Indonesia," ujar Ramadhan.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap total enam teroris di wilayah Lampung pada Rabu (12/4/2023) kemarin. 

Penangkapan itu dilakukan di kawasan Mesuji dan Umbul Way Kiri, Margorejo Margosari, Kecamatan Pagelaran, Pringsewu, Lampung pada Selasa (11/4/2023) dan Rabu (12/4/2023).

Adapun identitas teroris tersebut berinisial NG alias BA alias SA, ZK, PS alias JA, H alias NB, AM dan Ki alias AS. Namun, dari enam orang itu, dua di antaranya tewas.

"Adapun identitas tersangka adalah sebagai berikut atas nama inisial NG alias BA alias SA telah dilakukan tindakan tegas dan terukur sehingga mengakibatkan tersangka meninggal dunia. kemudian yang kedua atas nama ZK juga meninggal dunia," ucap Ramadhan.

Baca juga: 2 Terduga Teroris di Lampung Tewas Saat Ditangkap Densus 88, Ini Identitasnya

Selain itu, akibat baku tembak, satu anggota Densus 88 Antiteror Polri berinisial Bripda JO terluka dan kini tengah dirawat secara intensif.

Dalam hal ini, salah satu teroris yang tewas berinisial N alias BA alias SA ternyata berperan pernah menyembunyikan terpidana bom Bali I, Zulkarnaen dan ahli bom Upi Lawanga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas