Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satu Prajurit Gugur, Panglima TNI Bertolak ke Papua Evaluasi Operasi Pencarian Pilot Susi Air

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan evaluasi terhadap operasi pencarian pilot Susi Air yang disandera oleh Kelompok Separatis Teroris (KST).

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Satu Prajurit Gugur, Panglima TNI Bertolak ke Papua Evaluasi Operasi Pencarian Pilot Susi Air
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2023) - Yudo Margono dikabarkan bertolak ke Papua pada hari ini, Senin (17/4/2023). Kedatangannya ke Papua untuk melakukan evaluasi terhadap operasi pencarian pilot Susi Air yang disandera oleh Kelompok Separatis Teroris (KST). 

TRIBUNNEWS.COM - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dikabarkan bertolak ke Papua pada hari ini, Senin (17/4/2023).

Kedatangannya ke Papua itu untuk melakukan evaluasi terhadap operasi pencarian pilot Susi Air yang disandera oleh Kelompok Separatis Teroris (KST).

Pasalnya, dalam operasi tersebut, KST telah melakukan penyerangan terhadap prajurit dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri Yonif Raider 321/Galuh Taruna (Yonif R 321/GT) bernama Pratu Miftahul Arifin.

Akibat penyerangan itu, Pratu Miftahul Arifin pun gugur di medan perang.

Ia diketahui gugur di Mugi-Mam Kabupaten Nduga Papua pada Sabtu (15/4/2023) pada pukul 16.30 WIT.

"Dalam waktu dekat Panglima TNI akan melakukan evaluasi yang mendalam berkaitan dengan peristiwa ini," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Pasokan Sembako untuk Warga Kabupaten Puncak Papua Dipastikan Aman Selama Lebaran 2023

Adapun Panglima TNI rencananya akan didampingi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak.

BERITA TERKAIT

"Betul (Panglima TNI, KSAD, dan Pangkostrad akan ke Papua)," jelas Julius. 

Dijelaskan Julius, Panglima TNI akan tetap melanjutkan operasi penyelamatan pilot Susi Air yang disandera oleh kelompok separatis teroris tersebut.

Mengutip Kompas Tv, Panglima TNI, lanjut Julius, juga memerintahkan prajurit untuk tidak perlu ragu-ragu dalam menjalankan tugas tersebut.

"TNI sebagai patriot NKRI tidak pernah mundur sejengkal pun untuk menjaga kedaulatan wilayah RI dan itu masih konsisten dilaksanakan di Papua."

"Panglima TNI dengan tegas menyampaikan untuk ambil tindakan. Jangan ragu-ragu," kata Julius saat konferensi pers di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Rombongan Tiba di Timika Papua Tengah

Panglima TNI turut menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya Pratu Miftahul Arifin.

"Panglima TNI turut berduka atas gugurnya prajurit terbaik TNI atas nama Pratu Miftahul Arifin yang gugur pada tanggal 15 April 2023 pukul 16.30 WIT," sambung Julius.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas