Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO EKSKLUSIF Menteri PUPR: Tol Cisumdawu untuk Cegah Kepadatan saat Puncak Arus Mudik

Basuki Hadimuljono berharap tol tersebut bisa mencegah kepadatan lalu lintas saat puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 2023 terjadi.

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan inspeksi pekerjaan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), beberapa waktu lalu.

Ia melakukan pemeriksaan di beberapa titik tol tersebut, di antaranya gerbang tol Ujungjaya Utama, Jembatan Gunung Puyuh, dan Jembatan Conggeang.

Basuki Hadimuljono berharap tol tersebut bisa mencegah kepadatan lalu lintas saat puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 2023 terjadi.

Diketahui, Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka - Dawuan) sepanjang sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Sebelumnya pada Desember 2022 silam, tol Cisumdawu seksi 1 - 3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah operasional.

Dengan demikian tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas tol Cipularang hingga ruas tol Cipali.

Ruas Cimalaka-Dawuan Hanya Dibuka Hingga Pukul 15.00 WIB

BERITA TERKAIT

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan Tol Cisumdawu ruas Cimalaka-Dawuan hanya akan dibuka secara fungsional dari pukul 06.00-15.00.

Menurutnya, pembatasan itu untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat jalur tol yang belum dilengkapi penerangan jalan.

“Dia hanya fungsional dari jam enam pagi sampai jam tiga sore, selain itu sepenuhnya ada dikorlantas termasuk kalau jalur ini sudah terlalu padat maka akan dialihkan,” ucap Basuki kepada Tribun, Sabtu (16/4/2023).

Basuki menuturkan tol Cisumdawu belum dilengkapi rest area tetapi ada beberapa spot pemberhentian selama arus mudik.

Menteri PUPR berharap dengan hadirnya tol Cisumdawu bisa mengurai kepadatan pemudik dari arah Bandung menuju Cipali yang selama ini hanya terkonsentrasi di Tol Cipularang.

“Pengerjaan ini sangat cepat sekali kalau kemarin ke sini pasti tidak akan percaya sekarang sudah jadi seperti sekarang,” urainya.

Basuki menjelaskan seperti pengerjaan jembatan Gunung Puyuh yang sempat longsor akihat pergerakan tanah.

Mulanya area longsor itu merupakan jalanan kemudian dibuat jembatan dengan konstruksi mengangkangi longsoran.

“Ini (pembangunannya, red) hanya 24 jam, makanya kalau nggak ngikuti prosesnya kaya nggak ada apa-apa,” tuturnya.

Menteri PUPR menjelaskan pengerjaan tol Cisumdawu dikerjakan kroyokan sehingga bisa difungsionalkan di mudik lebaran 2023.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas